Husna Rahmayunita
Ucapan bela sungkawa dari politikus disorot (Twitter.com/adriansyahyasin)

Bolatimes.com - Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022/2023 mencuri banyak atensi.

Dunia sepak bola dunia mulai dari klub-klub Eropa hingga pemain dunia turut menyampaikan belasungkawa mereka atas insiden tersebut.

Ucapan belasungkawa juga datang dari publik sepak bola Indonesia yang merasakan kesedihan mendalam karena insiden yang menewaskan suporter kembali terjadi.

Nyatanya momen ini juga menjadi ajang mencari 'panggung' oleh para politikus di Indonesia. Memang mereka mengucapkan belasungkawa, tetapi banyak yang menjadikan tragedi ini sebagai ajang promosi.

Ucapan duka dari para politisi yang menggunakan poster malah dianggap cari muka belaka. Mulai dari ketua umum (ketum) Partai Golkar, politisi Partai Demokrat, hingga Nasdem memasangkan wajahnya besar-besar dalam ungkapan bela sungkawa.

Pada unggahan di akun Twitter @andriansyahyasin menampakkan beberapa politikus yang memperlihatkan wajah mereka dalam poster ucapan bela sungkawa.

Ada Kepala BP2MI yang menunjukkan wajahnya memakai masker merah putih dengan ukuran besar sambil memegang dada kanannya.

Kalau Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri dari Partai Nasdem, Bobby Jayanto, bahkan di posternya dia menampakkan diri dengan foto yang sedang tersenyum.

Beberapa Pengurus Partai di Daerah juga nampak memajang tokoh-tokoh penting dalam partai mereka. Ambil contoh Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, yang dipasang fotonya oleh DPD Golkar Kabupaten Solok.

Ada juga politikus Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono yang memasang foto dirinya dengan pose berdoa.

Selain itu ada Politikus Partai Kebangkitan Bangsa Rivqy Abdul Halim dengan pose berdoa, Politikus PKS H Mulyanto, dan Wakil Ketua DPRD Malang Asmualik dengan pose berdoa pula

Ketua DPC Partai Demokrat H Imron 9. Politikus Partai Nasdem Sahroni. Unggahan tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet yang mayoritas merupakan cibiran.

Para politikus ini dianggap tak berempati dengan menjadikan tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang sebagai momen mencari suara atau mencari panggung. Warganet geleng-geleng kepala melihatnya.

"Kenapa pose pak Airlangga malah kelihatan senang gitu," komentar warganet.

"Jangan golput sayang, ntar suara lu bisa dipake sama oknum. Mending tetep ikut nyoblos aja, tapi ntar dicoblosin semua, biar gak kehitung suaranya," imbuh warganet lain.

"Masa pejabat indonesia kalah sama Lee Min Ho uploadnya cuma background item," tambah lainnya.

"Allah, Astagfirullah.. Zero empathy," sahut warganet.

"Cari panggung gini amat sih. Pantes mental “ABS” masih kuat mengakar di negeri kita," kata warganet lain.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More