Husna Rahmayunita
Pelatih sepak bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong berlari saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan sebagai persiapan jelang laga FIFA Match Day Timnas Indonesia vs Bangladesh pada Rabu, 1 Juni di Bandung dan kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni di Kuwait. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU)

Bolatimes.com - Rencana Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ada plus minusnya.

Hal itu diungkap oleh pengamat sepak bola Tanah Air Rizki Maheng atau Bung Rizma melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

Ia menjelaskan jika keputusan PSSI untuk memperpanjang Shin Tae-yong setelah Piala Dunia U-20 memiliki plus minus.

"Pilihan untuk membicarakan kontrak usai Piala Dunia U20 ada plus minusnya," tulis Bung Rizma di akun Instagram pribadinya @bungrizma.

"Plusnya, STY terdorong untuk membuktikan kepantasannya mendapatkan perpanjangan kontrak karena Piala Dunia U20 adalah salah satu tujuan utama perekrutan STY," imbuhnya.

Menurut Bung Rzima melihat progres Timnas Indonesia di bawah tangan dingin Shin Tae-yong sudah sepantasnya pelatih asal Korea Selatan tersebut mendapat perpanjangan kontrak dari PSSI.

"Hal minus membahas kontrak STY usai Piala Dunia U20 adalah kemungkinan STY direkrut oleh negara lain. Apalagi bila pencapaian Indonesia di Piala Dunia Junior itu terbilang bagus," kata Bung Rizma.

Namun dirinya meyakini jika Shin Tae-yong akan tetap setia bersama Timnas Indonesia mengingat adanya dukungan penuh yang diberikan suporter terhadap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Meski untuk poin ini saya merasa STY akan tetap setia memilih Indonesia karena dukungan masif fans sepakbola nasional kepada dirinya," tutupnya.

Pernyataan Bung Rizma di akun Instagram pribadinya mendapat repons yang positif dari kalangan penggemar sepak bola tanah air dan para netizen Indonesia.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi menuturkan perpanjangan kontrak Shin Tae-yong baru bisa ditentukan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Nantinya, Exco PSSI akan memutuskan setuju atau tidaknya juru formasi asal Korea Selatan itu diperpanjang kontraknya.

Shin Tae-yong sendiri juga mengaku belum ada tawaran resmi dari PSSI terkait perpanjangan kontrak.

"Jujur saya belum pernah koordinasi terkait perpanjangan kontrak dengan PSSI, karena masih lama, masih sampai Desember tahun depan. Belum waktunya berbicara tentang hal itu," ujar Shin dalam video yang diunggah oleh Youtube PSSI TV.

Namun ia memberi kode kalau dirinya optimis bakal diperpanjang kontraknya.

"Ada persetujuan dari Ketum PSSI dan percaya dengan saya. Saya berterima kasih," pungkas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

(SuaraJogja.id/Mohamed Afaf El Kurnia)

Load More