Husna Rahmayunita
Belinda Siahaan, CEO Klub Belgia FCV Dender EH (kiri). (Instagram/@fcdender)

Bolatimes.com - Figur Belinda Siahaan menjadi sosok penting di klub profesional Belgia bernama FCV Dender EH. Ia menjadi wanita pertama yang menjadi petinggi klub Eropa.

Sepak bola kerap dicitrakan sebagai olahraganya para kaum pria. Hal ini tak lepas dari gaya bermainnya yang mengandalkan fisik.

Bahkan tak hanya di lapangan, untuk level manajemen dalam olahraga sepak bola sendiri lebih banyak didominasi kaum adam.

Namun seiring perkembangan zaman, kaum hawa pun mulai terjun ke olahraga sepak bola, baik itu terjun sebagai pemain maupun terjun ke level manajemen.

Di sepak bola Indonesia, tentu para penikmat si kulit bundar mengenal sosok Ratu Tisha Destria yang pernah menjadi Sekjen PSSI.

Wanita berusia 36 tahun ini mampu menjabat posisi strategis di PSSI tersebut di tengah kepungan kaum adam yang mungkin dikenal lebih memahami sepak bola.

Bahkan hebatnya lagi, wanita berusia 36 tahun ini menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai anggota Komite Kompetisi AFC atau sepak bola Asia.

Karenanya, sepak terjang wanita di sepak bola tak bisa ditepikan begitu saja. Apalagi dengan adanya kabar bahwa ada wanita Indonesia lainnya yang menjadi sosok penting di klub profesional di Belgia.

Sosok itu adalah Belinda Siahaan yang tercatat merupakan CEO dari klub sepak bola Belgia bernama FCV Dender EH.

Berikut Profil Belinda Siahaan

Mantan Marketing Manager PT Liga Primer Indonesia

Belinda Siahaan sejatinya bukanlah nama asing di sepak bola, terutama di Indonesia. Diketahui, dirinya dulu merupakan Marketing Manager PT Liga Primer Indonesia.

Disadur dari laman LinkedIn yang ia miliki, Belinda Siahaan menjadi Marketing Manager PT Liga Primer Indonesia sejak November 2010 hingga Mei 2011.

Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Head of Business & Commerce Dept di PT Liga Prima Indonesia sejak Juni 2011 hingga Oktober 2013.

Sebagai informasi, PT Liga Primer Indonesia merupakan operator Liga Primer Indonesia yang sempat membuat kompetisi tandingan untuk Indonesia Super League (ISL).

Usai menduduki jabatan strategis di PT Liga Primer Indonesia, wanita satu ini pernah menjabat sebagai Director of Operations di Boca Juniors Football Schools Indonesia pada 2014.

Sepak terjangnya di sepak bola membuat pengusaha asal Batak bernama Sihar Sitorus mempercayakannya posisi CEO di klub miliknya yang ada di Belgia, yakni FCV Dender EH.

Tercatat ia telah menduduki jabatan CEO tersebut sejak 2018 silam hingga saat ini. Siapa sangka, di bawah arahannya FCV Dender EH mampu berprestasi.

Salah satu prestasi terbaiknya saat FCV Dender EH berhasil promosi ke kasta kedua Liga Belgia atau yang bisa disebut Liga Proximus atau Challenger Pro League.

FCV Dender EH berhasil promosi ke kasta kedua usai meraih gelar juara di kasta ketiga pada musim 2021/2022 lalu.

Dengan sepak terjang Belinda Siahaan itu, bukan tidak mungkin FCV Dender EH bisa terus melaju dan menembus Jupiler Pro League atau kasta teratas di Belgia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More