Husna Rahmayunita
Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang pernah ditunjuk oleh Shin Tae-yong sebagai kapten dalam pertandingan atau ajang-ajang yang pernah dilakoni.

Sejak melatih Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019 silam, Shin Tae-yong telah memanggil banyak pemain ke skuad Garuda, baik untuk menjalani pemusatan latihan maupun pertandingan.

Para pemain yang dipanggil pun terbilang banyak, yakni mencapai 54 pemain, di mana sebagian ada yang menjadi langganan di Timnas Indonesia.

Karenanya, Shin Tae-yong kerap melakukan rotasi dan jarang memiliki pakem tertentu untuk pemain yang dipanggil, kecuali beberapa pemain yang telah menjadi langganan.

Meski kerap melakukan rotasi dan banyak memanggil pemain, ternyata juru taktik asal Korea Selatan itu tak pernah berkompromi soal pemain yang dijadikan kapten tim.

Dalam 25 pertandingan yang telah dilakoninya bersama Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong ternyata hanya pernah menunjuk empat pemain sebagai kapten tim.

Dari empat pemain tersebut, beberapa pemain yang ditunjuk sebagai kapten itu utamanya adalah pemain berpengalaman.

Namun, Shin Tae-yong ternyata juga kerap menjadikan para pemain muda di Timnas senior sebagai kapten tim dalam pertandingan yang dilakoni.

Kira-kira, siapa saja pemain yang menjadi kapten Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong? Berikut daftarnya.

1. Evan Dimas

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Evan Dimas menjadi pemain yang paling sering dijadikan kapten Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong. Tercatat, pemain berusia 27 tahun ini telah 11 kali menjabat sebagai kapten skuad Garuda.

Jabatan kapten pertama yang ia emban di bawah era Shin Tae-yong terjadi pada 2021 silam, kala Timnas Indonesia melakoni pertandingan persahabatan melawan Oman.

Namun belakangan, Evan Dimas telah jarang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia. Alhasil, ban kapten pun lepas dari lengannya.

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Tak hanya mengandalkan pemain berpengalaman pada diri Evan Dimas sebagai kapten, Shin Tae-yong juga pernah menjadikan Asnawi Mangkualam yang berstatus pemain muda mengemban jabatan itu.

Sepanjang kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Asnawi yang baru berusia 22 tahun itu telah menjadi kapten tim sebanyak tujuh kali.

Terpilihnya sosok Asnawi sebagai kapten di usia muda tak lepas dari daya juangnya sebagai pemain, dan juga kematangannya di lapangan.

3. Fachruddin Aryanto

Pemain Timnas Indonesia Fachruddin (kanan) berebut bola dengan Pemain Thailand Adisak Kraisom (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Berbeda dengan Evan Dimas, Fachruddin Aryanto merupakan pemain senior yang paling konsisten dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong.

Karena pengalamannya tersebut dan statusnya sebagai pemain senior, bek berusia 33 tahun ini dipercaya menjadi kapten Timnas Indonesia sebanyak tujuh kali.

Ban kapten yang diterima Fachruddin pun bukan tanpa alasan. Pengalamannya bertanding dan membela Timnas Indonesia sejak 2012 menjadi nilai plus bagi Shin Tae-yong yang kerap mengandalkan pemain muda.

4. Rachmat Irianto

Selebrasi Rachmat Irianto jebol gawang Kuwait. (Instagram/PSSI)

Selain Asnawi, pemain muda yang juga pernah diberikan ban kapten oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia adalah Rachmat Irianto.

Pemain berusia 23 tahun ini tercatat baru sekali menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia saat laga kedua melawan Curacao, Selasa (27/9).

Dipilihnya Rachmat Irianto juga tak lepas dari pengalamannya di level tim nasional. Selain itu, ia dikenal pemain lugas dan juga disiplin yang cocok sebagai kapten tim.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More