Husna Rahmayunita | Gagah Radhitya Widiaseno
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong kini tak hanya dikenal sebagai pelatih Timnas Indonesia, tapi beberapa kali juga menjadi bintang iklan. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan angkat bicara.

Iriawan mengaku dirinya kerap disinggung mengenai Shin Tae-yong yang jadi bintang iklan. Menurutnya, hal tersebut tak menjadi masalah asal tak menganggu pekerjaan utama pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Shin Tae-yong kerap syuting, syuting iklan apa itu. Ini jadi masalah juga karena netizen bertanya ngapain kok pelatih Timnas itu syuting-syuting segala," ujar Iwan Bule sembari ketawa dalam wawancara di acara Point of View di Channel @SCTV.

"Jadi bintang iklan tak masalah yang penting tidak mengganggu kegiatan utama sebagai pelatih," tambahnya.

Lalu host membalas celetukan Iriawan dengan membeberkan gaji Shin Tae-yong sebagai kepala pelatih Timnas Indonesia. Rupanya, sang pelatih kebanggaan timnas mendapat gaji besar.

"Padahal gajinya sudah Rp 2 miliar ya," ujar host.

"Kok tau?" balas Iwan Bule sambil ketawa.

"Kan abang (iwan Bule) sudah pernah bilang. Gaji Shin Tae-yong Rp 2 miliar per bulan. Belum operasional. Gila PSSI kaya banget asli," timpal host tersebut.

Gaji tersebut mungkin sebanding dengan prestasi yang diberikan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia saat ini. Terlebih, ia diketahui tak hanya menangani timnas senior tapi juga menukangi timnas U-23 dan U-19.

Pelatih yang kerap disapa STY resmi menjadi nahkoda Skuad Garuda pada tahun 2019 silam. Semasa kepelatihannya, prestasi Timnas Indonesia pun cukup mentereng mulai dari junior hingga senior.

Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dan menjadi runner-up di Piala AFF 2022. Tak sampai disitu saja, ia juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Teranyar yang tengah jadi perbincangan, STY berhasil membawa Timnas Indonesia naik level usai mengalahkan Curacao tim ranking 84 dunia di FIFA Matchday.

Load More