Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Sejumlah klub Liga 1 tercatat menjadi penyumbang pemain terbanyak pada pemusatan latihan timnas Indonesia U-16 menjelang ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2022.

Catatan klub yang menyumbangkan pemain terbanyak ini diperoleh setelah PSSI merilis daftar 32 nama pemain yang akan mengikuti seleksi dan pemusatan latihan timnas Indonesia U-16 di Bogor.

Pemusatan latihan di Bogor ini merupakan lanjutan dari persiapan timnas Indonesia U-16 yang sebelumnya telah berlangsung di Yogyakarta mulai dari 5 hingga 26 September 2022.

Dari catatan Bolatimes.com, terdapat beberapa klub Liga 1 yang berstatus sebagai penyumbang pemain terbanyak pada pemusatan latihan di Bogor ini.

Tim pertama yang tercatat paling banyak menyumbangkan pemainnya ialah Borneo FC. Sebab, klub asal Samarinda ini mengirimkan tujuh nama pemain ke timnas U-16.

Ketujuh nama pemain asal Borneo FC tersebut ialah Muhammad Yanuar Sanusi Pallaraeng, Rizdjar Nurviat Subagja, Narendra Tegar Islami, Andrika Fathir Rachman, Muhammad Ridho Al Ikhsan, Muhammad Kafiatur Rizky, dan Andhika Putra Setiawan.

Selanjutnya, ada Persija Jakarta yang menduduki urutan kedua dalam ukuran wakil terbanyak di timnas Indonesia U-16. Saat ini, ada enam wakil Macan Kemayoran di TC tersebut.

Mereka adalah Femas Aprian Crespo, Ibnu Yazid Al Mustaufiz, Muhammad Sultan Akbar, Waliy Marifat, Jehan Pahlevi, dan Figo Dennis Saputrananto.

Sementara itu, tim-tim Liga 1 lainnya rata-rata memang hanya mengirimkan dua nama pemain untuk mengikuti seleksi yang dipimpin langsung oleh Bima Sakti ini.

Setidaknya ada lima klub yang menyumbang dua nama, yakni Bali United, Bhayangkara FC, PSM Makassar, PSS Sleman, dan Persib Bandung.

Menariknya, tak hanya klub-klub Liga 1 saja yang mendapat kesempatan untuk mengirimkan talenta terbaiknya ke timnas Indonesia.

Sebab, ada beberapa pemain yang juga berasal dari akademi sepak bola seperti Bandung Pro United, ASIOP DKI, Cipta Cendekia, hingga Golden Soccer Blitar.

Selain itu, ada tiga Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar alias PPLP yang juga ikut andil di skuad timnas Indonesia U-16. Mereka adalah PPLP Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat.

Setelah menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 sebentar lagi akan memulai perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. 

Rencananya ajang ini digelar serentak mulai 1 hingga 9 Oktober 2022. Skuad Garuda Muda tergabung di Grup B bersama dengan rival serumpun Malaysia, dua kekuatan Timur Tengah, Palestina dan Uni Emirat Arab (UEA) serta negara kecil dari samudra pasifik, Guam.

Fase kualifikasi ini terbagi ke dalam sepuluh grup dengan juara dari masing-masing grup serta lima runner-up terbaik berhak melaju ke putaran final yang akan diadakan di Bahrain tahun depan.

Daftar peringkat lima besar klub penyumbang pemain terbanyak ke Timnas Indonesia U-16:

Borneo  FC: 7 pemain

Persija Jakarta: 6 pemain

Bali United: 2 pemain

Bhayangkara FC: 2 pemaim

PSM Makassar: 2 pemain

PSS Sleman: 2 pemain

Persib Bandung: 2 pemain.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More