Irwan Febri Rialdi
Timnas Guam U-16. (Dok. Guam FA)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 akan memulai perjuangannya di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan melawan Guam.

Timnas Indonesia U-16 sendiri tergabung di Grup B. Selain negara kecil dari samudra pasifik, Guam, ada juga Palestina, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Rencananya ajang ini digelar serentak mulai 1 hingga 9 Oktober 2022. Semua pertandingan akan digelar di Stadion Pakansari, karena Indonesia menjadi tuan rumah Grup B.

Pemusatan latihan digelar di Bogor karena laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 juga akan dilaksanakan di Stadion Pakansari.

Bima Sakti tercatat mencoret 4 pemain yaitu, Dimas Dinanda (Persis Solo), Radino Arsyad Avisyal (ASIOP DKI), Muhammad Ridho Pratama Supita (PSSA Asahan) dan Muhammad Bagus Cahaya Islami (Persib Bandung).

Laga perdana Timnas Indonesia U-16 sendiri akan dimulai pada Senin (3/10/2022), melawan Guam. Lantas seperti apa peta kekuatan dari Guam calon lawan Timnas Indonesia U-16? Berikut ulasannya!

Profil Guam

Timnas Guam U-16 tidak punya jejak yang mentereng di Piala Asia U-17 sejak bergulir pada 1985. Tercatat, Guam U-16 tak pernah lolos ke Piala Asia U-17. Kebanyakan, tim ini tak berpartisipasi di babak kualifikasi.

Guam sendiri baru mengikuti kualifikasi pada tahun 1994. Sempat tak berpartisipasi di tahun 1996 dan mundur di tahun 2000, Guam kemudian mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-17.

Secara prestasi, tak banyak prestasi yang didapat Guam, baik di kancah regional atau Asia Timur, maupun di kancah internasional.

Meski tak punya banyak catatan gemilang, Guam baru-baru ini mengikuti ajang 2022 Surf Cup yang berlangsung di San Diego, California, Amerika Serikat.

Akan tetapi, Guam lagi-lagi tidak mampu berbuat banyak. Guam U-16 hanya mampu meraih satu kemenangan dari tiga laga yang dijalani, dengan mencetak 4 gol dan kebobolan 10 gol.

Di ajang tersebut, Guam U-16 dipimpin oleh Samuel San Gil yang merupakan pelatih kepala tim tersebut. Tak begitu banyak informasi yang tersedia mengenai sosok Samuel San Gil. Namun, diyakini ia akan menjadi sosok yang memimpin Guam U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sedangkan pemain Guam U-17 yang akan digunakan di Kualifikasi Piala Asia U-17 nanti diyakini merupakan pemain-pemain yang ambil bagian di 2022 Surf Cup pada Juli lalu.

Daftar pemain Guam U-17:

- Gavin Baker

- Nicolas Chargualaf

- Jack Gome

- Sean Halehale

- Douglas Kelly

- Justin Li

- Erwin Manibusan Jr

- Landon Miles

- Nicholas Moore

- Donovan Moss

- Robert Moulthrop,

- Beau Perez

- Ethan Rioja

- C.J. Sablan

- Raif Sablan

- Samuel Stenson

- Jacob Toves.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More