Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Para pemain dan ofisial Timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Curacao dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Shin Tae-yong tak bisa berleha-leha usai mengantar Timnas Indonesia senior kalahkan Curacao dua kali di FIFA Matchday. Ia kini langsung mengalihkan fokus tangani tim U-20.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia mengalahkan Curacao dalam dua laga pada 24 dan 27 September. Tim Merah Putih berhasil menang 3-2 dan 2-1 atas tim peringkat 84 dunia itu.

Terkini, Shin Tae-yong akan segera memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang rencananya bakal berlangsung di Eropa pada 10 Oktober sampai 5 Desember 2022.

Baca Juga:
Profil Guam, Lawan Pertama Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

"Memang saya bersama tim U-19 akan mengadakan TC. Mulai tanggal 10 Oktober sampai dengan 5 Desember," kata Shin Tae-yong seusai laga timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022) malam.

Timnas Indonesia U-20 diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Sebelum itu, Muhammad Ferarri dan kawan-kawan bekalan tampil di putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Shin Tae-yong pun memastikan bahwa Timnas Indonesia senior yang akan tampil di Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022, tidak akan menggelar pemusatan latihan maupun uji coba.

Baca Juga:
Bek Persija Jakarta Gagal Selamatkan Republik Ceko dari Degadrasi, Resmi Terlempar ke Divisi B UEFA Nations League

Menurutnya, timnas senior akan sulit menggelar uji tanding dengan negara lain di luar periode FIFA Matchday. Peluang klub-klub terutama yang berada di luar negeri dinilai kecil untuk melepas para pemainnya ke tim nasional.

"Jadi mau tidak mau, tidak bisa mengadakan TC untuk timnas senior. Begitu juga pertandingan uji coba. Apalagi bukan karena FIFA matchday, jadi tidak bisa panggil pemain-pemain dari luar negeri," ungkap Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Juninho Bacuna Dikartu Merah, Media Curacao Sindir Pemain Timnas Indonesia Tiru Diving Neymar

Load More