Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Indonesia, M Rafli, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses mengalahkan Curacao dua kali dalam laga bertajun FIFA Matchday. Melihat prestasi ini, media Vietnam kepanasan karena sempat mengkritik selebrasi skuat Garuda usai menang disebut 'lebay'.

Sindiran itu muncul setelah Timnas Indonesia mengalahkan Curacao pada laga perdana di Stadion Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabut (24/9/2022). Saat itu, skuat Garuda menang dramatis dengan skor 3-2.

Namun media Vietnam, Soha.vn, justru merasa seperti tak suka dengan kemenangan tersebut. Mereka menyebut kalau Timnas Indonesia terlalu lebay merayakan kemenangan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Menang Lagi, Asisten Shin Tae-yong Terharu dan Merinding

Media tersebut menyebut kalau Timnas Indonesia menang dengan negara yang ranking FIFA lebih tinggi merupakan hal wajar. Timnas Vietnam juga pernah melakukannya.

“Hal yang wajar jika tim yang memiliki peringkat lebih tinggi dikalahkan tim yang berada di bawahnya. Tak perlu berlebihan, di Asia bisa dijadikan contoh,” tulis Soha.

“Vietnam pernah mengalahkan China yang berada di 20 peringkat di atasnya, Malaysia mengalahkan Turkmenistan. Terbaru, ada Curacao yang kalah dari Timnas Indonesia, meski terpaut 71 anak tangga,” lanjut Soha.

Baca Juga:
Kalahkan Curacao 2 Kali, Media Vietnam Mulai Ketar-ketir dengan Kekuatan Timnas Indonesia

Sindiran tersebut langsung dibalas oleh Shin Tae-yong dengan kemenangan kedua Timnas Indonesia lawan Curacao. Bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB, Witan Sulaeman cs menang 2-1.

Dalam pernyataannya, Shin Tae-yong mendukung perayaan kemenangan yang dilakukan staf dan anak latihnya.Pasalnya, itu adalah upaya para pemain dan seluruh jajaran tim untuk mengekspresikan kegembiraan atas kerja keras yang berbuah hasil positif.

"Menurut saya, perayaan ini pantas dilakukan dan boleh dirayakan," kata Shin Tae-yong kepada awak media.

Baca Juga:
Daftar Wakil Indonesia di Vietnam Open 2022, Ada Pasangan Baru Ribka/Lanny

"Apalagi, kami bermain di kandang dan kami menang. Jadi, perlu dirayakan bersama-sama dengan menikmati kemenangan ini," jelasnya.

Sebagai informasi, ritual perayaan kemenangan pun dilakukan Timnas Indonesia seusai kemenangan di Pakansari. Pelatih Shin Tae-yong bersama anak asuhannya membentuk lingkaran di tengah lapangan.

Rachmat Irianto dan kolega bernyanyi bersama suporter Timnas Indonesia yang hampir memenuhi Stadion Pakansari. Tentu momentum ini sangatlah membuat merinding.

Baca Juga:
Termasuk Kroasia, Berikut 4 Tim yang Lolos ke Semifinal UEFA Nations League 2022/2023

Seusai bernyanyi bersama, para pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hingga pengurus PSSI berkeliling lapangan Stadion Pakansari. Mereka berterima kasih kepada seluruh suporter yang hadir karena sudah memberi dukungan.

Selain sebagai ekspresi bahagia, perayaan kemenangan juga disebut Shin Tae-yong layak untuk dilakukan Timnas Indonesia demi memberi penghormatan kepada penonton yang setida mendukung tim hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan wasit.

"Ketika kalah, kan mungkin kita tidak bisa senang. Tapi, kami sudah menang dan pantas merayakannya bersama-sama," ujar Shin Tae-yong.

Sementara itu, berkat dua kemenangan ini Timnas Indonesia naik peringkat ke ranking FIFA. Kini mereka berada di posisi 152 dunia dengan koleksi poin 1033, 90.

Load More