Husna Rahmayunita
Julian Oerip, pemain keturunan Indonesia jalani laga bersama Timnas Belanda U-17. (Instagram/@julianoerip)

Bolatimes.com - Pemain berdarah Surabaya, Julian Oerip membela Timnas Belanda U-17 lawan Irlandia di laga persahabatan, Minggu (25/9/2022).

Pada laga tersebut, Julian Oerip tampil mengenakan nomor punggung 10 dan dipercaya beroperasi di sektor lapangan tengah. Ia mengantarkan timnya menang telak 3-0 atas Irlandia.

Ini menjadi laga debut Julian Oerip bersama tim U-17, setelah membela Timnas Belanda U-16. Ia tercatat sudah 6 kali membela tim U-16 Belanda dan mencetak satu gol.

"Good week with the national team (Pekan yang bagus di timnas)," tulis Oerip di unggahan akun Instagram pribadinya usai laga bersama tim U-17.

Kemenangan Timnas Belanda U-17 atas Irlandia ini pun disambut suka cita oleh pelatih mereka, Pieter Schrassert Bert.

"Mereka mendengarkan semua instruksi dengan cermat. Melalui permainan bagus dan dipikirkan dengan matang, mereka mampu unggul dan menciptakan peluang," kata Schrassert Bert mengutip dari laman Onsoranje.nl via SuaraBekaci.id.

Sebelum membela tim U-17, Julian Oerip pada April 2022 mampu torehkan satu gol untuk tim U-16 Belanda saat melawn Brasil di laga uji coba.

Gol Julian Oerip pada laga itu bahkan dipuji oleh pelatihnya. Gol itu dicetak Julian Oerip lewat skema build-up dari sektor sebelah kiri pertahanan Belanda.

Bekerjasama satu dua dengan rekannya, Jesse Bal, Julian Oerip lepaskan sepakan keras terarah yang tak bisa dihalau kiper Belanda.

"Itu gol yang sangat indah," kata Schrassert Bert.

Beberapa bulan setelah gol indah itu, Julian Oerip kemudian mendapat kontrak profesional pertama bersama AZ. Pada 9 Agustus 2022, Oerip dikontrak oleh klub Belanda tersebut.

Julian Oerip akan membela AZ selama tiga tahun. Kontraknya baru akan berakhir di pertengahan 2025. Di AZ U-16, Oerip sempat mengemban tugas sebagai kapten tim.

"Ia adalah gelandang yang terampil secara fisik dan teknis serta kemampuan untuk cetak gol dan bermain menusuk ke dalam pertahanan lawan," kata kepala tim muda AZ, Paul Brandenburg.

(SuaraBekaci.id/Galih Prasetyo)

Load More