Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia vs Curacao. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpeluang naik ke peringkat 151 FIFA jika berhasil mengalahkan Timnas Curacao untuk kali kedua pada laga FIFA Matchday pada Selasa (27/9/2022) di Stadion Pakansari, Bogor.

Sebelumnya, Timnas Indonesia menang 3-2 atas Curacao masing-masing lewat gol Marc Klok, Fachruddin Aryanti dan Dimas Drajad. Sedangkan dua gol tim tamu dilesakkan oleh Rangelo Janga dan Juninho Bacuna.

Kemenangan ini membuat skuat Garuda mengantongi 7.41 poin menjadi 1026.60. Tambahan poin itu membuat tim Merah-Putih yang sempat turun ke posisi 156 karena kemenangan Maladewa berhasil naik tiga tangga ke posisi 153.

Nah, di pertandingan kedua nanti, Timnas Indonesia akan mengantongi 7.30 poin apabila mengalahkan Curacao untuk kali kedua.

Di benak kalian, mungkin kalian bingung, kok poin kemenangannya lebih sedikit dari laga pertama, kan lawannya sama-sama Curacao?

Ini dikarenakan jumlah poin total Curacao berkurang -7.41 karena kekalahan atas Indonesia. Peringkat Curacao pun turun ke posisi 85 setelah kekalahan tersebut.

Kembali ke Timnas Indonesia, jika menang lagi, maka poin totalnya adalah 1033.09.

Jika melihat tangga peringkat FIFA, jumlah poin itu cukup untuk naik ke posisi dengan menggusur Andora dan Republik Dominica.

Sebab, Andora hanya bermain imbang melawan Latvia di FIFA Matchday, sehingga tambahan poinnya sedikit sekali, tak sampai 1 poin.

Kemudian, Republik Dominica tidak melakukan pertandingan selama FIFA Matchday September. Sehingga mereka tidak mendapat tambahan poin.

Namun, perlu diketahui, ini hanya perkiraan sesuai dengan rumus FIFA. FIFA akan melakukan update ranking setiap pertengahan bulan.

Load More