Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Bolatimes.com/Arif Budi)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong ternyata sudah cukup akrab dengan sepak bola Indonesia sebelum ia menangani tim Garuda. Sebab, ia pernah menghadapi timnas Indonesia pada tahun 1991 silam.

Sebelum menjadi pelatih, Shin Tae-yong diketahui berkarier sebagai pesepak bola profesional. Ia sempat bermain dengan Ilhwa Chunma FC (sekarang Seongnam FC) dan Brisbane Roar.

Bukan hanya itu, di level internasional Shin Tae-yong punya catatan 23 caps. Ia juga sempat merasakan bermain di level junior U-23.

Baca Juga:
Sebut Marc Klok, Kapten Curacao Mengaku Sudah Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia

Menariknya ketika membela Korea Selatan U-23, Shin Tae-yong ternyata pernah bertanding dengan timnas Indonesia U-23. Momen itu terjadi pada 24 Maret 1991 silam.

31 tahun berselang, foto lawas Shin Tae-yong ketika berhadapan dengan timnas Indonesia U-23 kini viral. Potret itu dibagikan oleh akun Twitter @Mah5Utari.

Pada potret yang dibagikannya tersebut, Shin Tae-yong terlihat berduel dengan pelatih Persebaya Surabaya saat ini, yaitu Aji Santoso.

Baca Juga:
Ranking FIFA Terbaru: Malaysia Melesat usai Kalahkan Thailand, Indonesia Turun Peringkat

Pertandingan timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan itu sebagai ajang persiapan untuk Olimpiade 1992. Pasalnya skuad Garuda Muda akan bertemu dengan negara Asia Timur lain, yakni Jepang, Taiwan, dan Hong Kong.

Shin Tae-yong berduel dengan Aji Santoso. (Twitter/@Mah5Utari)

Maka dari itu, timnas Indonesia U-23 menggelar pertandingan uji coba menghadapi Korea Selatan. Hasilnya tim dari Negeri Gingsen menang telak dengan skor 5-0 dan Shin Tae-yong menyumbangkan dua gol.

Foto lawas ini pun akhirnya menjadi sorotan warganet di media sosial. Sebab, pelatih berusia 52 tahun ini ternyata pernah bertemu Indonesia di masa lalu.

Baca Juga:
Cara Menggiring Bola Seperti Cristiano Ronaldo, Perhatikan 4 Hal Ini

Akan tetapi, kini Shin Tae-yong bak pahlawan di timnas Indonesia. Berkat tangan dinginnya, perfoma skuad Garuda bisa membaik.

Nyatanya tim senior mampu menembus Piala Asia 2023 mendatang. Raihan itu juga didapatkan tim U-19 yang lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sementara itu, ini bukan pertama kali foto jadul Shin Tae-yon viral. Sebelumnya potret lawasnya menjadi sorotan ketika berduel dengan bek legenda Persib Bandung, Robby Darwis.

Baca Juga:
Kondisi Tak Bagus, Timnas Indonesia Kemungkinan Tanpa Bek Liga Korsel saat Hadapi Curacao

Load More