Rauhanda Riyantama
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) bersama Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bermain golf bareng di Royale Halim, Jakarta, Jumat (4/2/2022). ANTARA/HO-Kemenpora

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali tak beri target yang muluk-muluk untuk Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni. Ia realistis dengan tim-tim yang dihadapi nanti.

Amali cuma meminta Timnas Indonesia U-19 berjuang maksimal karena tim-tim yang dihadapi jauh lebih berpengalaman dan matang. Syukur-syukur tim besutan Shin Tae-yong bisa lolos dari fase grup.

“Kita harus sadar diri terkait target bisa juara karena kita akan menghadapi tim-tim dari Eropa, Amerika Latin dan Asia yang sudah matang dan maju. Saya sudah meminta kepada pemain untuk terus berjuang maksimal dan terbaik. Kalau bisa lolos dari babak penyisihan," tutur Amali, dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Hasil UEFA Nations League Semalam: Prancis, Kroasia, Belgia, hingga Belanda Petik Kemenangan

Sementara itu, Amali menyatakan pemerintah terus mempersiapkan Indonesia agar menjadi tuan rumah yang baik saat menggelar Piala Dunia U-20 2023 

Zainudin menyampaikan, baik kementerian/lembaga maupun pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 terus berkoordinasi untuk menyukseskan ajang tersebut.

“Kami saat ini terus mempersiapkan kepanitiaan, koordinasi dengan pemerintah provinsi, kabupaten kota. Kami ingin tidak hanya menjadi tuan rumah sepak bola saja, tapi juga menampilkan inilah Indonesia. Dan kami ingin menunjukkan kepada negara peserta bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik," kata Zainudin di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga:
Hasil Kejutan di Liga 2: Semen Padang Bantai Perserang 5-0, Eks Timnas Cetak Dua Gol

Setelah peluncuran maskot Bacuya pekan lalu, Zainudin menyebut perwakilan FIFA juga sudah cukup puas dengan persiapan yang sudah dilakukan Indonesia menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar pada tahun lalu itu akan diikuti 24 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Ada enam stadion yang sudah disiapkan, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Baca Juga:
Pengertian Point Guard dan Tugasnya dalam Permainan Bola Basket

Menpora memastikan enam stadion itu beserta lapangan pendukung itu sudah siap menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 setelah dilakukan beberapa renovasi minor oleh Kementerian PUPR.

FIFA akan kembali melakukan inspeksi persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada Oktober mendatang.

[Antara]

Baca Juga:
Viral Zulham Zamrun Pura-pura Cedera, Langsung Bangun usai Ditandu ke Luar Lapangan

Load More