Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong (kanan) menyapa para suporter usai kemenangan lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022). [ANTARA FOTO/Moch Asim]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata punya statistik mentereng menghadapi tim-tim CONCACAF. Apakah ini bisa menjadi modal berharga untuk menang atas Curacao?

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday di bulan September 2022 ini dengan menghadapi tim Kepulauan Karibia, Curacao.

Pertemuan ini sendiri akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni masing-masing pada tanggal 24 dan 27 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari.

Baca Juga:
Profil Juninho Bacuna, Otak Permainan Curacao Milik Birmingham City yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Bagi kedua tim, pertemuan ini akan jadi pertemuan pertama keduanya. Sebelumnya, kedua tim tak pernah berhadapan satu sama lain.

Namun, Timnas Indonesia ternyata punya pengalaman menghadapi tim-tim dari zona CONCACAF atau zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia.

Tercatat, Timnas Indonesia telah bertemu tim CONCACAF sebanyak empat kali, dengan mencatatkan 2 kemenangan, 1 hasil imbang dan 1 kekalahan.

Baca Juga:
Segera Jadi WNI, Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Jalani Sumpah Secara Virtual

Pertemuan dengan Curacao pun akan menjadi pertemuan kelima bagi Timnas Indonesia setelah Jamaika, Kuba, Puerto Rico, dan Guyana.

Di sisi lain, bagi Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia, pertemuan melawan Curacao ini akan menjadi duel ke-8 dan ke-9 baginya dalam menghadapi tim CONCACAF.

Sebelumnya, juru taktik asal Korea Selatan itu telah berhadapan dengan wakil-wakil CONCACAF sebanyak tujuh kali kala masih menukangi Taeguk Warriors.

Baca Juga:
Semakin Dekat Bela Timnas Indonesia, Media Belgia Doakan Sandy Walsh Debut di Piala AFF 2022

Lantas, bagaimana catatan Shin Tae-yong melawan tim-tim asal CONCACAF itu? Apakah rekornya itu bisa membawa Timnas Indonesia menang atas Curacao?

Rekor Shin Tae-yong vs Tim CONCACAF

Selama karier kepelatihannya, Shin Tae-yong telah menghadapi tim-tim CONCACAF sebanyak tujuh kali kala melatih Korea Selatan, baik tim senior maupun kelompok umur, sejak 2016.

Baca Juga:
Eks Newcastle Batal Bela Curacao Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Dalam tujuh pertemuan itu, Shin Tae-yong mampu meraih kemenangan sebanyak tiga kali, dua hasil imbang dan dua kekalahan.

Adapun lawan-lawan dari CONCACAF yang pernah dihadapi Shin Tae-yong adalah Honduras, Meksiko, dan Jamaika.

Sehingga, Curacao sendiri menjadi tim keempat dan pertandingan ke-8 serta ke-9 selama menghadapi tim-tim CONCACAF.

Berikut rekor pertemuan Shin Tae-yong dengan tim-tim dari zona CONCACAF.

(4/6/2016) Korea Selatan U-23 2 – 2 Honduras U-23 (uji coba)
(10/8/2016) Korea Selatan 1 – 0 Meksiko (Olimpiade 2016)
(14/8/2016) Korea Selatan 0 – 1 Honduras (Olimpiade 2016)
(25/3/2017) Korea Selatan U-20 3 – 2 Honduras U-20 (uji coba)
(30/1/2018) Jamaika 2 – 2 Korea Selatan
(28/5/2018) Korea Selatan 2 – 0 Honduras (uji coba)
(23/6/2018) Korea Selatan 1 – 2 Meksiko (Piala Dunia 2018)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More