Irwan Febri Rialdi
Kiper Leeds United keturunan Indonesia, Dani van den Heuvel. (Dok. Leeds United)

Bolatimes.com - Nama Dani van den Heuvel tiba-tiba menyeruak ke permukaan publik sepak bola Tanah Air. Alasannya, dia dikabarkan menjadi salah satu calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bakal mencoba menaturalisasi setidaknya 7 pemain asal Belanda.

Rencana ini bertujuan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023, sekaligus bisa bermain juga di Piala Asia U-20 2023.

Dua nama di antaranya sudah menyatakan kesediaan membela skuad Garuda Nusantara yakni Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21) dan Ivar Jenner (FC Utrecht U-21).

Lantas nama Dani van den Heuvel kemudian muncul sebagai nama lain yang akan dinaturalisasi. Heuvel sendiri saat ini bermain di posisi penjaga gawang.

Siapa sebetulnya Dani van den Heuvel? Berikut ulasan profilnya!

Profil Dani van den Heuvel

Sosok dengan nama lengkap Tristan Danique van den Heuvel ini lahir di Delft, Belanda, pada 28 Mei 2003. Belum diketahui darah Indonesia mengalir dari mana di tubuhnya.

Karier sepak bolanya terbilang mentereng. Heuvel mengawali kariernya sebagai pesepak bola dengan bergabung dengan akademi ADO Den Haag.

Setelah sekian tahun, dia pindah ke akademi Ajax Amsterdam pada Juli 2017. Setelah dua tahun, dia promosi ke tim Ajax U-17.

Total selama membela Ajax U-17, Dani van den Heuvel mencatatkan 10 penampilan dengan total kebobolan 20 kali.

Kariernya lalu berkembang saat direkrut oleh Leeds United pada 2020. Dia dikontrak dengan durasi 3 tahun dan diproyeksikan untuk bermain di Leeds United U-21.

Dalam perjalanannya, Dani van den Heuvel bermain untuk Leeds United U-18 dan Leeds United U-21. Dia mentas di berbagai kompetisi mulai EFL Trophy U-21, Premier League U-18, dan Premier League 2 Divisi 2.

Di level tim nasional, Dani van den Heuvel pernah menyandang status kiper Timnas Belanda U-15, U-16, U-17, dan U-19.

Sayangnya, Dani van den Heuvel gagal membawa Timnas Belanda U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Dengan kesempatan bermain di Piala Dunia U-20 2023 mendatang, PSSI bisa coba merayu Dani van den Heuvel untuk menjadi WNI.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More