Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Euforia keberhasilan Shin Tae-yong membawa dua kelompok umur timnas Indonesia melaju ke Piala Asia sebenarnya sudah pernah dilakukan pelatih lokal.

Kesuksesan besar diraih Shin Tae-yong, usai meloloskan dua kelompok umur timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia tahun depan.

Shin Tae-yong boleh jadi pelatih asing pertama yang sukses membawa timnas Indonsia kelompok umur melaju ke putaran final Piala Asia.

Baca Juga:
Vietnam U-19 Disarankan Tiru Timnas Indonesia Rekrut Pelatih Asing

Menariknya Shin Tae-yong sukses membawa dua tim kelompok umur sekaligus melaju ke ajang tersebut, Juni lalu timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023.

Kesuksesan itu diraih setelah timnas Indonesia memastikan finish sebagai runner-up, tepat di bawah Yordania setelah mengoleksi dua kemenangan dan satu kalah.

Kemudian pada September 2022, giliran timnas Indonesia U-19 yang dibawa Shin Tae-yong lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Kena Kartu Merah, Jose Mourinho Absen Dampingi AS Roma Lawan Inter Milan

Itulah alasan mengapa Shin Tae-yong mendapat pujian setinggi langit dari para suporter Tanah Air, namun sebelum itu ada pelatih lokal yang sempat menorehkan prestasi sama.

Pelatih kepala timnas U-19 Indonesia Fakhri Husaini memberikan instruksi kepada para pemainnya pada pertandingan persahabatan melawan timnas Iran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). Timnas U-19 Indonesia dikalahkan Iran dengan skor 2-4. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww)

Adalah Fakhri Husaini sukses membawa timnas U-16 dan U-19 melaju ke putaran final Piala Asia kelompok umur beberapa tahun lalu.

Pertama di Piala Asia U-16 2018, Fakhri Husaini keluar sebagai juara grup namun langkah mereka kandas di perempat final usai kalah tipis dari Australia dengan skor 2-3.

Baca Juga:
Perdana Dipanggil ke Timnas Indonesia, Wonderkid PSM Makassar Senang Sekali

Kemudian di Piala Asia U-20 2020, keluar sebagai juara grup babak kualifikasi usai bersaing dengan Korea Utara, Hong Kong dan Timor Leste.

Meski begitu timnas U-19 gagal berlaga di Piala Asia U-19 2020 setelah pandemi Covid-19 menyerang kawasan Asia, Indonesia menjadi salah satunya.

Baca Juga:
Andri Syahputra Makin Gacor di Liga Qatar, Terkini Cetak Gol Kemenangan Al-Gharafa Lawan Klub Elite Al-Rayyan

Kontributor: Eko
Load More