Husna Rahmayunita
Pelatih sepak bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong berlari saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan sebagai persiapan jelang laga FIFA Match Day Timnas Indonesia vs Bangladesh pada Rabu, 1 Juni di Bandung dan kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni di Kuwait. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU)

Bolatimes.com - Keberhasil Shin Tae-yong mengantarkan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-20 2023 mengundang perhatian fans hingga jadi bahasan media Vietnam.

Soha.vn menyoroti harapan fans agar Shin Tae-yong dikontrak seumur hidup di Timnas Indonesia, seperti yang dicuitkan di media sosial.

"Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Vietnam, penggemar ingin menandatangani kontrak seumur hidup dengan pelatih Shin Tae-yong," tulis media Vietnam tersebut, dikutip Selasa (20/9/2022).

Timnas Indonesia U-19 membuat kejutan setelah berhasil mengalahkan Vietnam di laga pamungkas Grupf F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (18/9/2022), Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menaklukkan Vietnam dengan skor 3-2.

Ini menjadi sejarah dan rekor tersendiri bagi Shin Tae-yong. Sebab, akhirnya, pelatih asal Korea Selatan itu membawa timnas berhasil mengalahkan Vietnam sejak kepemimpinannya.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong (kanan) menyapa para suporter usai kemenangan lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022). [ANTARA FOTO/Moch Asim]

Menangani tiga kelompok umur di timnas sejak 2019, ini menjadi kali perdana Shin Tae-yong mampu mengantarkan tim menumbangkan skuad The Golden Star Warriors.

Buntutnya, penggemar pun riang. Sebagian besar makin mengakui kualitas Shin Tae-yong sebagai pelatih hingga menyinggung soal kontrak.

"Pelatih Shin harus dikontrak PSSI seumur hidup. Jika PSSI tidak bisa melakukan itu, mungkin kita harus menyumbang untuk membayar gajinya untuk bekerja dengan sepak bola Indonesia selamanya," kata seorang netizen.

"Shin Tae-yong layak mendapatkan perpanjangan kontrak. Saya angkat topi kepadanya atas apa yang dia lakukan ketika membantu tim Indonesia dengan keinginan besar dan fisik yang hebat. Saya benar-benar terpukau dengan pertandingan timnas lawan Kuwait dan kemenangan Indonesia U-20 baru-baru ini atas Vietnam," cuit netizen lain.

Komentar netizen yang berharap Shin Tae-yong dikontrak panjang tersebut lantas jadi bahasan media Vietnam.

Adapun kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia berakhir pada 2023. Dalam kurun waktu tiga tahun belakangan, juru taktik berusia 52 tahun itu menukangi tiga kelompok umu timnas yakni senior, U-23 dan U-19.

Load More