Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam mengkritik habis-habisan selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 yang berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023 usai mengalahkan timnas mereka.

Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu (18/9/2022), Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2.

Kemenangan ini lantas disambut dengan kegembiran pemain dan fans. Apalagi, sejak Shin Tae-yong menduduki kursi pelatih pada akhir 2019 lalu, Timnas Indonesia baik di kelompok umur U-19, U-23 serta senior, tidak pernah mampu mengalahkan The Golden Star Warriors.

Namun, selebrasi meriah Timnas Indonesia U-20 direspons miring oleh media Vietnam, The Thao 247. Mereka menyebut hal itu menjadi bukti betapa menakutkannya timnas Vietnam di mata Indonesia.

Tak cuma itu, The Thao 247 juga menyebut selebrasi Timnas Indonesia U-20 saat mengalahkan tim asuhan Din The Dam terlalu berlebihan layaknya Tim Merah Putih baru saja merengkuh gelar juara di turnamen mayor.

"Para pemain Timnas Indonesia U-20 meledak dengan haru dan merayakan kemenangan itu seolah-olah mereka telah memenangkan turnamen besar," tulis The Thao 247 dikutip vis Suara.com, Selasa (20/9/2022).

Lebih lanjut, The Thao 247 juga menyoroti sikap pelatih Shin Tae-yong dan pemberitaaan media Indonesia yang dianggap sangat heboh atas kemenangan dari ajang kelompok umur tersebut.

"Hal ini membuktikan bahwa ketakutan tak kasat mata sepak bola Indonesia di hadapan Vietnam selama ini adalah nyata," tulis The Thao 247.

Mereka juga menjabarkan berbagai kegagalan Timnas Indonesia untuk mengalahkan Vietnam sebelum kemenangan 3-2 atas mereka di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 tersebut.

"Kegagalan berturut-turut sepak bola Indonesia atas Vietnam membuat mentalitas suporter Timnas Indonesia terobsesi dengan Vietnam," 

"Bahkan, Ketua Umum PSSI [Mochamad Iriawan] berkali-kali menyebut Vietnam sebagai target terpenting yang harus ditaklukkan," sambungnya.

Timnas Vietnam U-19 sendiri tetap dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2022 lewat jalur lima runner-up terbaik, meski dikalahkan Timnas Indonesia U-19.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More