Husna Rahmayunita
Pesepak bola Bhayangkara FC Dendy Sulistyawan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman saat pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Senin (7/3/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Bolatimes.com - Sejumlah pemain tercatat kembali mendapat kesempatan atau comeback membela Timnas Indonesia. Mereka masuk daftar pemain untuk melawan Curacao.

Shin Tae-yong sendiri sudah resmi memanggil 23 nama pemain yang akan membela Merah Putih pada FIFA Matchday melawan Curacao.

Rencananya duel penting ini bakal berlangsung pada 24 dan 27 September mendatang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Pakansari.

Dalam daftar 23 pemain ini, pelatih Shin Tae-yong masih memanggil nama-nama lama yang dalam beberapa turnamen terakhir kerap jadi andalannya. Mereka seperti Nadeo Argawinata (Bali United), Ricky Kambuaya (Persib), dan Fachruddin Aryanto (Madura United).

Selain tidak ada nama Sandy Walsh dan Jordi Amat --dua calon pemain naturalisasi-- kejutan juga hadir dengan nama-nama pemain muda yang dipanggil.

Shin Tae-yong sendiri memang dikenal sebagai pelatih yang gemar mengorbitkan pemain-pemain muda, bahkan di bawah usia 20 tahun untuk mentas di timnas senior

Penggawa PSM Makassar, Yakob Sayuri (kanan) tampil pada laga Piala AFC 2020 kontra Shan United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020) sore. [Twitter resmi PSM]

Kejutan lain yang dilakukan Shin Tae-yong adalah kembali memanggil nama-nama pemain yang dulu sempat membela Timnas Indonesia, tapi terlupakan.

Total ada tiga pemain yang comeback membela Timnas Indoensia untuk duel melawan Curacao nanti, yaitu Yakob Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Muhammad Riyandi.

Untuk Yakob, dia pernah dipanggil memperkuat Timnas U-23 dalam babak Kualifikasi Piala Dunia zona Asia melawan Vietnam, 8 Juni 2021 lalu.

Saat itu, Yakob bermain sebagai starter dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri di babak kedua. Sejak saat itu, Yakob tidak mendapat panggilan lagi.

Wajar jika Shin Tae-yong kembali memanggil Yakob Sayuri karena musim ini dia tampil impresif. Yakob sudah mencetak 6 gol dan 3 assist dari 13 penampilan buat PSM Makassar.

Selanjutnya Dendy Sulistyawan. Penyerang milik Bhayangkara FC ini terakhir kali dipanggil ke Timnas Indonesia pada 2017 silam melawan Myanmar.

Dia kembali dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong usai tampil apik dengan mencetak 2 gol dan 2 assist dari 10 laga Liga 1 2022/23.

Sementara buat Muhammad Riyandi, dia sebetulnya sempat jadi andalan Shin Tae-yong di bawah mistar Timnas Indonesia sebelum kalah bersaing dengan kiper lain.

Terakhir kali Riyandi dipanggil dan bermain di timnas yaitu saat melawan Myanmar pada November 2021. Kini, kiper Persis Solo itu punya modal positif untuk bersaing lagi.

Dari catatan statistik Liga Indonesia Baru, kiper berpostur 186 cm itu memimpin daftar puncak penampilan terbaik kiper di Liga 1 hingga pekan ke-10 dengan melakukan 35 saves.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More