Husna Rahmayunita
Seorang suporter membawa lambang Garuda Pancasila saat memberikan dukungan untuk Tim Nasional Indonesia U-19 melawan Tim Nasional Vietnam U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Skor pertandingan berakhir seri 0-0. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bolatimes.com - Laga penentuan bakal dilakoni oleh Timnas Indonesia U-19 saat melawan Vietnam U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Duel ini merupakan pertandingan terakhir skuad Garuda Nusantara di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Perburuan tiket ke putaran final di Uzbekistan tahun depan bakal ditentukan hari ini.

Pertemuan Timnas Indonesia U-19 dengan Vietnam dijadwalkan berlangsung pada Minggu, (18/9/2022) malam WIB, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Hasil Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam menjadi penentu posisi Indonesia, sebagai juara grup, runner up dan lolos ke Piala Asia U-20, atau runner up dan gagal melangkah ke putaran final.

Perjumpaan skuad Garuda dan tim Golden Star menjadi duel yang kerap terjadi dalam berbagai level kelompok umur.

Bahkan di level U-19 atau U-20 tahun ini kedua negara sudah bertemu di Piala AFF yang berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Berbicara tentang pertemuan Timnas Indonesia U-19 dengan Vietnam khusus di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 sendiri, skuad Merah Putih pernah punya memori manis.

Momen itu terjadi pada pertemuan pertama antara Timnas Indonesia U-19 dengan Vietnam U-20 dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2008.

Pada laga 14 tahun silam yang berlangsung di Vietnam itu, Indonesia tergabung di Grup G bersama Korea Selatan, Australia, Vietnam, Guam, dan Hong Kong.

Namun saat itu Hong Kong mengundurkan diri sehingga hanya menyisakan 5 tim saja di Grup G. Timnas Indonesia U-19 sendiri memulai ajang dengan tidak mulus.

Mereka menelan kekalahan 0-2 dari Australia dan 0-3 dari Korea Selatan. Lantas, bertemulah Indonesia dengan Vietnam di laga ketiga.

Bermain di depan publik The Golden Star, Timnas Indonesia U-19 secara mengejutkan mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0.

Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia U-19 saat itu dicetak oleh Harmoko dan Riski Novriansyah.

Setelah mengalahkan Vietnam 2-0, Timnas Indonesia kembali meraih hasil positif dengan melumat Guam 12-0. Sayangnya, kemenangan besar ini tidak bisa membantu Indonesia lolos ke putaran final.

Di klasemen akhir kualifikasi Piala Asia U-20 2008 Grup G, Timnas Indonesia U-19 cuma finis di peringkat ketiga di bawah Korsel dan Australia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More