Rauhanda Riyantama
Penggawa PSM Makassar, Yakob Sayuri (kanan) tampil pada laga Piala AFC 2020 kontra Shan United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020) sore. [Twitter resmi PSM]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong memanggil wajah baru jelang FIFA Matchday melawan Curacao, talenta lokal andalan PSM Makassar, Yakob Sayuri.

Penampilan luar biasa Yakob Sayuri di Liga 1 2022 membuat namanya terpanggil membela timnas Indonesia di FIFA Matchday September ini.

Bagi sebagian penggemar sepak bola Indonesia, nama Yakob Sayuri mungkin terbilang baru di kancah sepak bola Indonesia bersama PSM Makassar.

Baca Juga:
Kisah Kepulauan Faroe, Negara Gila Bola yang Tak Punya Lapangan Rumput

Berposisi sebagai winger, Yakob Sayuri merupakan pemain kelahiran Yapen pada 22 September 1997 yang kini berusia 24 tahun.

Bukan tanpa alasan mengapa banyak pihak tak terlalu mengenal Yakob, karier sepak bolanya dibangun tidak bersama akademi sejak usianya masih muda.

Pada 2017, Yakob baru memulai karier profesionalnya bersama klub kasta ketiga Liga Indonesia, Persewar Waropen dan saat itulah perjalanannya dimulai.

Baca Juga:
Jadwal Liga Spanyol Malam Ini: Ada Barcelona vs Elche, Valencia vs Celta Vigo

Kualitas bermain Yakob ditemukan oleh legenda Persipura Jayapura, Edouard Ivakdalam yang saat itu ditunjuk sebagai pelatih Persewar Waropen.

Tak lama setelah itu Yakob pindah ke Persemi Mimika di awal tahun 2018, sebelum akhirnya kembali ke Persewar pada Juni tahun tersebut.

Hingga pada 2019, penampilannya mencuri perhatian Barito Putera dan sempat dipanggil memperkuat timnas Indonesia U-23 pada 2020.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Ada Wolverhampton Wanderers vs Manchester City

Sebelum Yakob hijrah ke PSM Makassar, dari sinilah kariernya mulai menanjak khususnya di musim 2022-2023, hingga kini sudah menorehkan 58 penampilan dengan 15 gol dan 9 assist.

Berikut profil singkat Yakob Sayuri.

Nama lengkap: Yakob Sayuri

Baca Juga:
Dokter PSSI Sebut Kondisi Cahya Supriadi Membaik usai Sempet Terkapar saat Lawan Hong Kong

Tempat dan tanggal lahir: Yapen, 9 September 1997

Usia: 23 tahun

Kewarganegaraan: Indonesia

Tinggi badan: 170 cm

Kaki dominan: Kiri

Posisi: Gelandang sayap/winger

Klub saat ini: PSM Makassar

Nomor punggung: 22

Karier klub:

2017 - Persewar Waropen

2018 - Persemi Mimika

2018 - Persewar Waropen

2019 - Barito Putera

2020 - sekarang - PSM Makassar

Karier timnas:

2019 - Indonesia U-23

2021-sekarang - Indonesia

Kontributor: Eko
Load More