Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-19 sudah berlatih di Stadion Bung Tomo. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Skenario Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 ada beberapa dan dipastikan tidak akan mudah buat skuad Garuda Nusantara.

Ujian pertama Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 berjalan mulus. Mereka mampu mengalahkan Timor Leste 4-0, Rabu (14/9/2022).

Atas kemenangan ini, Timnas Indonesia U-19 untuk sementara menempati peringkat kedua Grup F. Indonesia kalah produktivitas gol dari Vietnam yang mengalahkan Hong Kong 5-1.

Untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, ada beberapa skenario yang bisa diraih oleh Indonesia. Peluang Indonesia pun cukup terbuka lebar.

Total ada 16 tim yang akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 nanti. Jumlah ini sudah termasuk Uzbekistan yang menjadi tuan rumah.

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka usai membobol gawang Timor Leste dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/9/2022). (Dok. PSSI).

Nah, masing-masing juara dari 10 grup akan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20. Sedangkan lima tiket kelolosan lainnya diperebutkan oleh runner-up terbaik dari masing-masing grup.

Ada dua skenario supaya Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Pertama Timnas Indonesia U-19 wajib menyapu bersih dua laga tersisa di penyisihan grup.

Jika mampu mengalahkan Hong Kong dan Vietnam, Indonesia akan keluar sebagai juara Grup F.

Peluang tim asuhan Shin Tae-yong untuk tetap lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 masih terbuka, jika nantinya menduduki peringkat kedua

Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 harus bersaing memperebutkan lima tiket lolos dari jalur runner-up terbaik.

Terkait regulasi penentuan lima runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 terdapat penjelasan khusus.

Grup A-D berisikan lima tim. Sementara itu, Grup E-J ditempati empat tim. FIFA maupun Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sudah menghitung sebelumnya. Demi asas keadilan, hasil tim yang finis di posisi dua Grup B-D kontra tim juru kunci tidak masuk hitungan.

Ada pengecualian di Grup A. Meski dihuni oleh lima tim, Arab Saudi, Uzbekistan, China, Myanmar, dan Maladewa, AFC tetap menghitung hanya ada 4 tim di grup itu.

Hal ini disebabkan karena hasil pertandingan Uzbekistan tidak masuk hitungan lantaran mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia U-20 2023.

Nah, untuk sementara posisi runner-up terbaik dipegang oleh Arab Saudi dari Grup A dengan 3 angka dan produktivitas 11 gol.

Di posisi kedua runner-up terbaik, ada Timnas Indonesia U-19 dengan 3 poin usai mengalahkan Timor Leste 4-0. Di posisi ketiga ada Oman dari Grup G dan selisih gol +3.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More