Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka usai membobol gawang Timor Leste dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/9/2022). (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Klasemen sementara runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menarik dibahas. Pasalnya, ini merupakan salah satu jalur untuk lolos ke putaran final.

Timnas Indonesia U-19 sendiri berhasil meraih kemenangan meyakinkan pada laga perdana di Grup F melawan Timor Leste.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam WIB, skuad Garuda Nusantara menang dengan skor 4-0.

Hasil ini menjadi momentum positif buat skuad arahan Shin Tae-yong untuk merebut tiket ke putaran final. Namun, perjalanan masih cukup panjang.

Pasalnya, dari regulasi menyebut hanya juara grup dan lima runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yang berhak berangkat ke Uzbekistan tahun depan.

Karena itu, sangat disayangkan jika Garuda Nusantara hanya mencari posisi kedua terbaik di babak penyisihan grup ini.

Terkait regulasi penentuan lima runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 terdapat penjelasan khusus.

Grup A-D berisikan lima tim. Sementara itu, Grup E-J ditempati empat tim. FIFA maupun Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sudah menghitung sebelumnya. Demi azas keadilan, hasil tim yang finis di posisi dua Grup B-D kontra tim juru kunci tidak masuk hitungan.

Ada pengecualian di Grup A. Meski dihuni oleh 5 tim, Aran Saudi, Uzbekistan, China, Myanmar, dan Maladewa, AFC tetap menghitung hanya ada 4 tim di grup itu.

Hal ini disebabkan karena hasil pertandingan Uzbekistan tidak masuk hitungan lantaran mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia U-20 2023.

Oleh karena itu, di antara grup lain dengan lima kontestan, hanya Grup A yang hasil pertandingan tim juru kunci tetap dihitung untuk penghitungan klasemen runner-up terbaik.

Nah, untuk sementara posisi runner-up terbaik dipegang oleh Aran Saudi dari Grup A dengan 3 angka dan produktivitas 11 gol.

Di posisi kedua runner-up terbaik, ada Timnas Indonesia U-19 dengan 3 poin usai mengalahkan Timor Leste 4-0. Di posisi ketiga ada Oman dari Grup G dan selisih gol +3.

Lalu untuk posisi keempat dan kelima runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ada Suriah dari Grup D dan Iran dari Grup J.

Klasemen sementara runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

1. Arab Saudi (3 Poin, +11)

2. Indonesia (3 Poin, +4)

3. Oman (3 Poin, +3)

4. Suriah (3 Poin, +1)

5. Iran (3 Poin, +1)

6. Palestina (1 Poin, 0)

7. Malaysia (1 Poin, 0)

8. Bahrain (1 Poin, 0)

9. Tajikistan (1 Poin, 0)

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More