Irwan Febri Rialdi
Hasil Indonesia dan Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Twitter/@afcasiancup)

Bolatimes.com - Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sudah dimulai sejak akhir pekan lalu, begitu juga dengan Timnas Indonesia U-19 yang sudah melakoni laga perdananya.

Pada ujian pertamanya, skuad Garuda Nusantara sukses mengalahkan Timor Leste dengan skor meyakinkan 4-0, Rabu (14/9/2022) di Stadion Gelora Bung Tomo.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 untuk sementara menduduki peringkat kedua klasemen Grup F dengan 3 poin. Indonesia kalah selisih produktivitas gol dari Vietnam.

Di laga lain, Vietnam sukses mengalahkan Hong Kong dengan skor 5-1. Dengan begini, Vietnam berhak menduduki puncak klasemen Grup F.

Adapun, total ada 11 negara ASEAN yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka tersebar dari Grup A hingga Grup J.

Grup F diisi oleh 3 negara ASEAN, Indonesia, Timor Leste, dan Vietnam. Di grup ini, Indonesia dan Vietnam berhasil meraih kemenangan dan Timor Leste kalah.

Dari Grup A, ada Myanmar sebagai perwakilan ASEAN. Pada laga perdananya, Myanmar harus mengakui keunggulan China dengan skor 1-3.

Di Grup C, ada Laos yang maju sebagai perwakilan ASEAN. Laos sendiri sudah melakoni 3 pertandingan dengan hasil 1 kemenangan dan 2 kekalahan.

Lalu di Grup E ada Malaysia sebagai perwakilan ASEAN. Malaysia sayangnya hanya bermain imbang 1-1 melawan Mongolia di laga perdana.

Berlanjut ke Grup G, ada Thailand dan Filipina sebagai perwakilan ASEAN. Thailand sukses mengalahkan Afghanistan 3-0, sedangkan Filipina keok 0-3 dari Oman.

Lalu di Grup I, ada Singapura dan Kamboja. Singapura cuma bermain 0-0 melawan Tajikistan dan Kamboja kalah 0-1 dari Lebanon.

Di Grup J, ada Brunei yang maju sebagai perwakilan ASEAN. Sayangnya mereka langsung menelan kekalahan 0-5 saat melawan Uni Emirat Arab.

Berikut klasemen Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

Grup A:

Myanmar - Posisi 4 (0 poin)

Grup C:

Laos - Posisi 4 (3 poin)

Grup E:

Malaysia - Posisi 2 (1 poin)

Grup F:

Vietnam - Posisi 1 (3 poin)

Indonesia - Posisi 2 (3 poin)

Timor Leste - Posisi 4 (0 poin)

Grup G:

Thailand - Posisi 1 (3 poin)

Filipina - Posisi 3 (0 poin)

Grup I:

Singapura - Posisi 3 (1 poin)

Kamboja - Posisi 4 (0 poin)

Grup J:

Brunei - Posisi 4 (0 poin).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More