Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong dalam konpres Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bolatimes.com/Arif Budi S.)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 menang telak 4-0 dari Timor Leste dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Rabu (14/9/2022) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Menariknya tiga dari empat gol Garuda Nusantara tercipta lewat sundulan.

Adalah Hokky Caraka yang berhasil mengeksekusi dua gol dari umpan matang rekan setimnya dengan kepalanya. Kemudian Rabbani Tasnim menyumbang sebiji gol lewat tandukannya usi menerima umpan dari lemparan ke dalam Robi Darwis.

Tiga gol sundulan ini menarik perhatian karena Shin Tae-yong biasanya memanfaatkan true pass dalam strateginya. Meski begitu, juru latih asal Korea Selatan mengakui ada perubahan situasi yang membuat anak asuhnya harus memanfaatkan postur badan.

"Memang sepak bola menggunakan formasi dasar, tapi setiap keadaan akan berubah dan pemain harus mengikuti instruksi dengan baik, baru bisa beradaptasi dengan baik. Mungkin kali ini ada heading," kata Shin Tae-yong kepada awak media termasuk bolatimes.com.

Mengenai hal itu, Shin Tae-yong mengatakan akan melakukan perubahan lagi menghadapi Hong Kong yang punya postur tubuh tinggi. Ia berucap bakal memusatkan permainan demi mencetak gol dari tendangan.

"Mungkin lawan Hong Kong akan bisa dan memusatkannya agar bisa lebih banyak gol menggunakan kaki," sambung pelatih berusia 52 tahun ini.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong tidak menampik bakal menerapkan rotasi ketika menghadapi Hong Kong. Sebab, jeda pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini hanya sehari.

"Harus dipersiapkan (rotasi)," tegas Shin Tae-yong.

Adapun pertandingan timnas Indonesia U-19 menghadapi Hong Kong dalam matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dijadwalkan pada Jumat (16/9/2022).

Load More