Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong dan pelatih Timor Leste U-19 Gopalkrishnan A S Ramasamy saat konpres jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bolatimes.com/Arif Budi S)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 berpeluang besar membantai Timor Leste di laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Rabu (14/9) malam WIB. Apa alasannya?

Timnas Indonesia U-19 akan memulai kampanyenya di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 saat menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Dalam laga ini, skuad Garuda Nusantara dituntut untuk meraih kemenangan di laga perdananya kontra Timor Leste, agar memudahkan jalan selanjutnya untuk lolos dari babak kualifikasi.

Baca Juga:
Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Hari Ini: Ada Indonesia vs Timor Leste hingga Thailand vs Afghanistan

Sebagaimana diketahui, nantinya hanya juara grup dan lima runner up terbaik dari 10 grup yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Alhasil, setiap laga yang dilakoni Timnas Indonesia U-19 pun harus dimenangkan agar benar-benar bisa lolos ke putaran final tahun depan.

Karenanya, demi meraih asa tersebut, Shin Tae-yong pun memanggil 23 pemain yang dirasa bisa membawa Timnas Indonesia U-19 berbicara banyak dan memenuhi target untuk lolos.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Kocak Jadi Bintang Iklan, Auto Diledek Anaknya

Kekuatan terbaik pun diyakini akan diturunkan Shin Tae-yong saat menghadapi laga perdana melawan Timor Leste, meski lawannya itu berada dalam kategori tim terlemah di grup F.

Peluang Timnas Indonesia U-19 untuk menang atas Timor Leste pun terbilang cukup besar, mengingat skuad Garuda Nusantara belum pernah sekalipun menelan kekalahan atas lawannya itu sebelumnya.

Selain itu, peluang tersebut makin dipertegas dengan rekor pribadi pelatih Timnas Indonesia U-19 sendiri, yakni Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Daftar Top Skor Terbaru Liga Champions: Robert Lewandowski Masih Tak Terkejar meski Gagal Cetak Gol saat Barcelona Kalah

Rekor apa yang dimaksud?

Tak Pernah Kalah dari Hal Berbau Malaysia

Sebagai informasi, pelatih Timor Leste U-19 saat ini adalah Gopalkrishnan A S Ramasamy. Namanya sendiri cukup familier di kancah sepak bola Asia.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persita Tangerang vs PSIS Semarang di Liga 1 2022, Kick Off Sore Ini

Diketahui, Gopalkrishnan sendiri merupakan guru bagi beberapa pelatih kenamaan Asia. Ia pun merupakan instruktur bagi pelatih-pelatih yang ingin mengambil lisensi kepelatihan.

Sepak terjang Gopalkrishnan sebagai instruktur kepelatihan pun terlihat di Indonesia pada 2017 lalu, saat dirinya menjadi asisten dari Emral Abus pada saat para pelatih mengambil lisensi kepelatihan B AFC.

Meski punya latar belakang mentereng, kiprah Gopalkrishnan ini diyakini tak akan membuat Shin Tae-yong gentar di laga nanti.

Sebab, Shin Tae-yong sendiri punya catatan mentereng kala menghadapi pelatih asal Malaysia. Sejak membesut Timnas Indonesia, juru taktik asal Korea Selatan ini telah berhadapan dengan Malaysia sebanyak 2 kali.

Di Piala AFF 2020 lalu, Shin Tae-yong mampu mempecundangi Tan Cheng Hoe saat Timnas Indonesia menggasak Malaysia dengan skor 4-1.

Selain itu, di SEA Games 2021 lalu, Shin Tae-yong juga berhasil mengalahkan Malaysia. Namun saat itu, Harimau Malaya dibesut oleh Brad Maloney.

Bisa dikatakan, Shin Tae-yong punya rekam jejak apik saat melawan hal yang berbau Malaysia. Sehingga ada kemungkinan hal tersebut terulang pada saat menghadapi Gopalkrishnan dan Timor Leste nanti.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More