Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19 sudah berlatih di Stadion Bung Tomo. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Stadion Gelora Bung Tomo bakal menjadi saksi dari perjuangan Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Skuad Garuda Nusantara tergabung di Grup F. Nantinya Indonesia akan melawan Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam. Secara peta kekuatan, Indonesia dan Vietnam jadi favorit di Grup F.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 14-18 September 2022. Juara grup akan otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Berdasarkan jadwal yang sudah dirilis oleh AFC di laman resmi mereka, Timnas Indonesia U-19 akan tampil perdana di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada Rabu, 14 September 2022. Di pertandingan pertama akan menghadapi Timor Leste.

Adapun, Stadion Gelora Bung Tomo resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 setelah surat resmi dari FIFA dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah keluar.

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan beberapa persiapan yang telah diterapkan di GBT mulai dari akses jalan, tempat peliputan wartawan, tribun penonton dan sebagainya. Eri menyebutkan, standar persiapan yang digunakan disesuaikan dengan prosedur pertandingan Piala Dunia.

Profil Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan salah satu stadion ikonik di Surabaya atau Jawa Timur khususnya. Stadion ini mulai dibangun pada 2008.

Setelah kurang lebih 2 tahun pembangunan dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 500 miliar, Stadion Gelora Bung Tomo resmi dibuka pada 6 Agustus 2010

Stadion ini kemudian menjadi basis baru bagi klub kebangaan Kota Pahlawan, Persebaya Surabaya, untuk menggantikan Stadion Gelora 10 November.

Pada awal dibuka, kapasitas Stadion Gelora Bung Tomo berjumlah 55.000 penonton. Namun jumlah ini menyusut setelah mendapat renovasi menjadi 46.806 penonton.

Renovasi stadion sendiri dilakukan dari 2019 hingga 2020 dengan anggaran mencapai Rp 100 miliar. Renovasi ini sendiri bukan tanpa alasan.

Stadion Gelora Bung Tomo saat itu diproyeksikan menjadi salah satu venue untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Stadion Gelora Bung Tomo kini masuk ke dalam bagian kompleks olahraga Surabaya Sport Center. Stadion ini dilengkapi 21 pintu masuk dengan dua akses ke tribun pada masing-masing pintunya.

Stadion ini juga dilengkapi dengan lintasan atletik sepanjang 400 meter yang mengelilingi lapangan dengan delapan jalur lari.

Adapun, fasilitas lain adalah Stadion Indoor kapasitas 10.000 penonton. Ada pula Lintasan drag race sepanjang 450 meter.

Saat ini, Pemkot Surabaya juga sedang memasang geomembran dan terus mengebut penanaman pohon di TPA Benowo untuk meredam bau sampah yang menyebar ke Stadion GBT.

Lantas, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menjadi ajang internasional sebagai pemanasan untuk event-event besar internasional lainnya di Stadion Gelora Bung Tomo.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More