Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) menggiring bola dibayangi pemain timnas Timor Leste Joao Pedro Da Silva Freitas (kiri) dan Armindo Correia De Almeida dalam pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Timor Leste U-19 Gopalkrishnan A S Ramasamy memastikan salah satu pemain andalannya Gali Freitas absen di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Ramasamy menyebut absennya Gali Freitas dikarenakan cedera, bukan disebabkan sedang trial di luar negeri.

Gali Freitas merupakan pemain Timor Leste yang kontroversial. Ia sempat dituduh melakukan pencurian umur agar bisa bermain di usia kelompok umur.

Namun, di AFF tercatat ia lahir pada 31 Desember 2004 yang artinya usianya kini masih 17 tahun.

Gali Freitas pun sejatinya bisa dibawa oleh Gopalkrishnan A S Ramasamy untuk membela Timor Leste U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Namun, nyatanya ia harus absen.

Absennya Gali Freitas awalnya dikira karena ia sedang menjalani trial di luar negeri bersama klub Spanyol, Antequera CF. Namun, dari pernyataan sang pelatih, pemain berusia 17 tahun ini mengalami cedera.

"Gali kami dorong untuk bermain di luar negeri, tapi saat dia balik mengalami cedera. Kami tidak ingin mengambil risiko untuknya," ucap Gopalkrishnan A S Ramasamy saat ditemui di hotel tempat tim Timor Leste menginap pada Selasa (13/9/2022).

"Jadi kami berikan dia istirahat. Jelas kami tidak membawanya, karena cedera kami tidak ingin dia kembali ke lapangan buru-buru," sambungnya.

Sebagai pengingat, Gali Freitas adalah pemain muda Timor Leste yang kerap membuat timnas Indonesia kewalahan. Buktinya ketika FIFA Matchday pada Januari 2022 lalu.

Kala itu, Gali Freitas berhasil mengejutkan timnas Indonesia dengan gol yang dicetak. Meski begitu, beruntung skuad Garuda bisa meraih kemenangan dengan skor 4-1.

Terlepas dari itu, timnas Indonesia U-19 kini sedang bersiap untuk menghadapi Timor Leste U-19 dalam laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan pada Rabu (14/9/2022) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Load More