Husna Rahmayunita
Para penggawa Borussia Dortmund merayakan gol Manuel Akanji ke gawang Nurnberg pada 26 September 2018 (Patrik Stollarz/AFP)

Bolatimes.com - Kabar baik datang buat publik sepak bola Tanah Air karena salah satu tim raksasa asal Jerman, Borussia Dortmund, bakal berkunjung ke Indonesia.

Borussia Dortmund dijadwalkan meyambangi 3 negara ASEAN pada November 2022 untuk mengisi waktu jeda saat Piala Dunia 2022 bergulir.

Hal ini berdasarkan rilis yang diunggah melalui laman resmi Borussia Dortmund pada Senin (12/9/2022). Dalam rilis resminya, Borussia Dortmund juga akan mengunjungi dua negara Asia Tenggara lainnya, yakni Singapura dan Vietnam.

Salah satu negara ASEAN yang bakal dituju oleh mantan tim asuhan pelatih Perija saat ini, Thomas Doll, adalah Indonesia. Die Borussen pun direncanakan bakal menghadapi tim lokal.

Tur Asia Tenggara yang dilakukan Marco Reus cs itu akan berlangsung selama 11 hari mulai 21 November hingga 1 Desember 2022. Mereka nantinya tidak hanya berkunjung, melainkan juga melakoni uji coba menghadapi tim lokal Indonesia, Vietnam, dan Singapura.

Namun, Borussia Dortmund masih belum memberitahu identitas tim lokal Indonesia yang akan mereka hadapi maupun jadwal kedatangan mereka.

Tapi sudah banyak rumor yang menyebut kalau klub yang akan menjadi penantang tim asal Jerman tersebut antara Persib Bandung atau Persebaya Surabaya.

Hal ini tampak dalam sebuah unggahan akun Instagram @ngapakfootball yang memperlihatkan logo Persib Bandung dan Persebaya Surabaya yang bertajuk "Lunch and Media Session With Borussia Dortmund. Persib and Persebaya".

Kehadiran Borussia Dortmund ke Indonesia tidak akan dibarengi dengan berangkatnya semua pemain, hal ini dikarenakan ada beberapa penggawa Dortmund yang mentas di Piala Dunia 2022.

Direktur BVB Carsten Cramer mengatakan banyak pemainnya yang akan tampil di Piala Dunia 2022. Namun ada banyak pula yang tidak tampil. Karena itu tur ke ASEAN ini diadakan untuk mengisi waktu dengan efektif.

Dari daftar skuad Dortmund di musim 2022/23, besar kemungkinan ada 20 pemain yang tak akan tampil pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Prediksi ini berangkat dari pemanggilan membela tim nasional dari kubu Dortmund sepanjang 2022. Setidaknya ada beberapa pemain top yang kemungkinan tak berangkat ke Piala Dunia 2022.

Di antaranya ada bek veteran sekaligus kapten Dortmund, Mats Hummels. Bek berusia 33 tahun itu terakhir kali membela Timnas Jerman pada Juni 2021.

Selain itu ada eks pemain Liverpool, Emre Can, yang sudah tak membela Timnas Jerman selama 2021. Penyerang baru Dortmund, Karim Adeyemi, juga berpotensi tak dipanggil ke Piala Dunia 2022.

Lain hal dengan nama-nama seperti Niklas Sule (Jerman) Raphael Guerreiro (Portugal), Thomas Meunier (Belgia), Marco Reus (Jerman), hingga Jude Bellingham (Inggris), yang menjadi andalan timnas masing-masing sehingga besar peluang mereka untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Dari total 19 pemain Borussia Dortmund yang diprediksi berkunjung ke Indonesia, daftar ini bisa bertambah karena Dortmund berpotensi membawa pemain-pemain dari tim junior.

Daftar Pemain Dortmund yang Berpotensi Hadir di Indonesia:

1. Mateu Morey

2. Salih Ozcan

3. Mahmoud Dahoud

4. Nico Schulz

5. Mats Hummels

6. Marius Wolf

7. Youssoufa Moukoko

8. Anthony Modeste

9. Emre Can

10. Karim Adeyemi

11. Felix Passlack

12. Abdoulaye Kamara

13. Alexander Meyer

14. Marcel Lotka

15. Tom Rothe

16. Luca Unbehaun

17. Jamie Bynoe-Gittens

18. Soumaila Coulibaly

19. Goktan Gurpuz.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More