Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong dan pelatih Timor Leste U-19 Gopalkrishnan A S Ramasamy saat konpres jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Bolatimes.com/Arif Budi S)

Bolatimes.com - Jelang pertemuan menghadapi timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, pelatih Timor Leste U-19 yang bernama Gopalkrishnan A S Ramasamy curhat soal perbedaan sumber daya manusia hingga fasilitas yang dimiliki kedua negara.

Timor Leste U-19 dianggap menjadi tim terlemah di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Meski begitu, Gopalkrishnan A S Ramasamy mengatakan dirinya ingin mempersembankan yang terbaik pada ajang ini.

"Kami hanya ingin menampilkan sebuah persembahkan yang terbaik. Itu saja," ucap pelatih asal Malaysia ini saat konferensi pers di Surabaya pada Selasa (13/9/2022).

Baca Juga:
5 Alasan Timnas Indonesia U-19 Bakal Menang Lawan Timor Leste

Nah ketika ditemui secara langsung setelah acara, Gopalkrishnan A S Ramasamy ditanya soal perbedaan mendasar antara pemain Timor Leste dengan Indonesia. Ia menjawabnya ada dua hal yang perlu digarisbawahi.

Pertama adalah perbedaan dari sumber daya manusia. Sebab, ia mengaku Indonesia merupakan negara yang luas dengan penduduk yang banyak, berbeda dengan Timor Leste.

"Lihat betapa besarnya Indonesia. Lihat Timor Leste seberapa besar, 1,3 juta (penduduk) apa yang kamu harapkan? itu yang pertama" ucap Gopalkrishnan A S Ramasamy.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Tolak Pandang Remeh Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Lebih lanjut, pelatih Timor Leste U-19 mengatakan masalah yang lain adalah fasilitas yang ada. Ia sendiri mengaku kagum dengan fasilitas di dunia sepak bola yang ada di Indonesia.

"Nomor dua, saya terkesan dengan training ground Bali United. Kami tidak memilikinya di Timor Leste, lapangan pun kita susah, ya itu masalah besar. Tapi, kami mencoba yang terbaik untuk meningkatkannya dengan bantuan AFC serta FIFA," imbuhnya.

Di sisi lain, Timor Leste sendiri dipandang sudah berkembang oleh Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia U-19. Juru taktik asal Korea Selatan tidak mau meremehkan anak asuh Gopalkrishnan A S Ramasamy di laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Rabu (14/9/2022) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga:
Dihantui Sejarah Nyaris Juara Piala Asia, Dihn The Nam Ogah Terbebani Demi Tampil Apik di Kualifikasi

Load More