Irwan Febri Rialdi
Starting XI Persija Jakarta vs RANS Nusantara FC saat launching tim. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Persija Jakarta menjadi salah satu klub yang disebut-sebut patut menjadi lawan yang akan dihadapi tim raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund, saat berkunjung ke Indonesia.

Sebagai informasi, Borussia Dortmund berencana untuk mampir ke Indonesia pada November 2022 untuk mengisi waktu luang ketika jeda Piala Dunia 2022.

Klub yang pernah dilatih Jurgen Klopp tersebut dipastikan akan menjalani tur Asia. Salah satu negara tujuannya adalah Indonesia. Hal ini berdasarkan rilis yang diunggah melalui laman resmi Borussia Dortmund pada Senin (12/9/2022).

Dalam rilis resminya, Borussia Dortmund juga akan mengunjungi dua negara Asia Tenggara lainnya, yakni Singapura dan Vietnam.

Tur Asia Tenggara yang dilakukan Marco Reus cs itu akan berlangsung selama 11 hari mulai 21 November hingga 1 Desember 2022. Mereka nantinya tidak hanya berkunjung, melainkan juga melakoni uji coba menghadapi tim lokal Indonesia, Vietnam, dan Singapura.

Dari rumor yang beredar, dua tim lokal asal Indonesia yang disebut-sebut bakal dihadapi Borussia Dortmund tersebut yakni Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Namun, ada banyak pertimbangan yang akhirnya memunculkan nama Persija Jakarta. Tim asal Ibu Kota ini diyakini lebih layak menjadi lawan Borussia Dortmund ketika menggelar tour di Asia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah alasan yang membuat Borussia Dortmund semestinya menghadapi Persija Jakarta di Indonesia.

1. Faktor Thomas Doll

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, barangkali menjadi faktor utama yang menjadi pertimbangan khusus mengapa Borussia Dortmund harus melawan tim Macan Kemayoran ketika berada di Indonesia.

Pasalnya, pelatih asal Jerman tersebut memiliki rekam jejak khusus bersama Borussia Dortmund. Dia pernah mengasuh klub ini pada medio 2007-2008.

Oleh karena itu, duel antara Persija Jakarta melawan Dortmund bakal menjadi momen reuni khusus bagi Thomas Doll yang berstatus sebagai eks-pelatih klub asal Jerman ini.

2. Banyak Stadion Bagus di Jakarta

Alasan kedua yang membuat Persija Jakarta layak untuk menjadi lawan tanding tim berjulukan Die Borussen itu ialah ketersediaan sejumlah stadion berkualitas di Ibu Kota.

Saat ini, terdapat beberapa venue yang sangat layak untuk menggelar pertandingan melawan klub elite seperti Borussia Dortmund. Mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hingga Jakarta International Stadium (JIS).

Dua stadion ini sudah lolos verifikasi FIFA dan sangat layak untuk menjadi panggung ketika nantinya Persija Jakarta menjamu Borussia Dortmund pada November mendatang.

3. Persija Jakarta dalam Performa Bagus

Saat ini, Persija Jakarta menjadi salah satu klub Liga 1 2022-2023 yang mampu mencatatkan performa apik pada awal musim.

Untuk sementara, tim Macan Kemayoran tengah bertengger di peringkat keempat klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 20 poin dari sembilan laga.

Jumlah ini hanya terpaut dua poin dari Madura United yang duduk di puncak. Para pemain bintang Persija tentu sangat layak jika nantinya harus dihadapkan pada klub sebesar Dortmund.

Sebab, mereka sukses membantu Thomas Doll meraih lima kemenangan beruntun di Liga 1 2022-2023. Performa impresif inilah yang membuat Persija sepatutnya menjadi lawan tanding Dortmund ketika di Indonesia.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More