Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Hong Kong U-20 keturunan Jepang, Sohgo Ichikawa. (Dok. Hong Kong FA)

Bolatimes.com - Timnas Hong Kong U-19 diperkuat pemain naturalisi asal Jepang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dia adalah Sohgo Ichikawa yang berposisi sebagai gelandang serang.

Sohgo Ichikawa merupakan gelandang serang andalan Hong Kong U-20. Ia sendiri lahir pada 30 Juli 2004, atau saat ini usianya baru 18 tahun.

Ichikawa sendiri bukanlah pemain kelahiran Hong Kong. Dari namanya saja diketahui bahwa dirinya memiliki keterikatan dengan Jepang. Ia sendiri lahir di Osaka.

Meski lahir di Jepang, Ichikawa tumbuh di Hong Kong. Karier sepak bolanya dimulai di klub lokal bernama Kitchee SC pada 2016.

Tak disangka, kiprah Ichikawa di level akademi membuatnya langsung dipromosikan ke tim senior pada usia 16 tahun saja.

Karenanya, Ichikawa menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Kitchee yang berhasil melakoni debut bersama tim utama.

Total 17 penampilan telah dibuatnya bersama tim utama Kitchee SC, di mana ia mampu melesakkan dua gol bagi klub berjuluk The Bluewaves tersebut.

Sedangkan kiprahnya di ajang internasional bermula sejak 2019, kala dirinya mewakili Hong Kong di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Meski baru berusia belasan tahun, Ichikawa bahkan berhasil menembus skuad Hong Kong U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Ia bahkan berhasil melakoni debutnya saat Hong Kong U-23 berhadapan dengan Jepang U-23 di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Di usia yang baru 17 tahun, Ichikawa berhasil melakoni debutnya bersama Timnas Hong Kong kala berpartisipasi di ajang EAFF Football Championship dengan melawan Jepang pada 19 Juli 2022 lalu.

Kiprahnya yang mampu menembus kelas di atasnya dalam waktu singkat membuat nama Ichikawa harus diwaspadai Timnas Indonesia U-19.

Sebab, Hong Kong dan Indonesia satu grup di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Selain kedua negara itu, ada Vietnam dan Timor Leste.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More