Irwan Febri Rialdi
Bek muda keturunan Indonesia, Nathan Tjoe A-On berhasil cetak gol indah di Eredivisie. (Instagram/@excelsiorrdam)

Bolatimes.com - Salah satu pesepak bola yang memiliki garis keturunan Indonesia, Nathan Tjoe A-On, kembali mencuri perhatian seusai mencetak gol untuk timnya pada laga lanjutan kasta tertinggi Liga Belanda alias Eredivisie 2022/2023.

Nathan Tjoe A-On yang bermain untuk Excelcior sukses mencetak gol yang indah ketika timnya menghadapi Emmen di Stadion Woudestein, Minggu (11/9/2022).

Gol yang dicetak Nathan Tjoe A-On memang terhitung spektakuler. Sebab, meskipun berposisi sebagai bek, ia mampu melesakkan sepakan keras dari luar kotak penalti menggunakan kaki kirinya.

Bola yang meluncur deras ke arah gawang pun tak sanggup dibendung oleh kiper Emmen dan akhirnya bola sepakan Nathan Tjoe A-On mengoyak jala gawang lawan.

Dengan gol ini, Excelcior sukses menyamakan kedudukan setelah sebelumnya sempat tertinggal satu gol lewat Ole Romeny (45’).

Menjelang akhir pertandingan, Nathan Tjoe A-On dan kawan-kawan berhasil mencatatkan gol penentu kemenangan lewat aksi Serano Seymour pada menit ke-90+5.

Dengan kemenangan ini, Excelsior berhasil mengamankan poin penuh dan bertengger di peringkat ketujuh klasemen Eredivisie. Sedangkan FC Emmen harus berada di peringkat ke-15.

Ini menjadi kemenangan penting untuk Excelsior yang baru saja menjadi tim promosi. Sedangkan untuk Nathan Tjoe A-On, gol ini menjadi gol perdana di Eredivisie.

Profil Nathan Tjoe A-On

Nathan Tjoe A-On merupakan pesepak bola profesional yang tercatat lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001. Artinya, saat ini usianya baru menginjak 21 tahun.

Dilansir dari Football Talentnesia, Nathan Tjoe A-On pernah mengakui bahwa dirinya memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek yang telah lama menetap di Belanda.

Meskipun memiliki postur yang tingginya mencapai 191 cm, tetapi Nathan Tjoe A-On bisa bermain di sejumlah posisi, baik itu bek tengah, kiri, ataupun kanan. Tentu saja, kemampuan multi-posisi ini sangat luar biasa mengingat postur tubuhnya yang menjulang.

Diketahui, Nathan mengawali perjalanannya berlatih sepak bola bersama klub sepak bola Bernama VV Nieuwerkerk saat masih berusia sembilan tahun. Artinya, dia sudah ditempa sejak tahun 2010 hingga 2013.

Pada tahun 2013, dia memutuskan pindah ke akademi milik Excelsior pada 2013. Setelah bertahun-tahun ditempa di akademi, ia akhirnya mendapatkan kontrak pertama ya dari klub ini pada 2019.

Nathan sempat harus absen selama 14 bulan karena menderita cedera. Baru pada musim 2021-2022, dia mulai mendapatkan tempat utama di klubnya tersebut.

Pada akhir musim 2021-2022, Nathan mendapatkan perpanjangan kontrak hingga Juni 2022 setelah ikut membawa timnya promosi ke kasta kedua Liga Belanda alias Eerste Divisie.

Adapun debutnya di kasta tertinggi Liga Belanda alias Eredivisie 2022-2023 tercatat ketika Excelsior menghadapi SC Cambuur pada 12 Agustus 2022. Saat itu, timnya yang berstatus sebagai tamu sukses menang dengan skor 2-0.

Sejauh ini, bek berusia 20 tahun itu sudah menyumbangkan satu gol dan satu assist untuk Excelsior di Eredivisie 2022-2023 dari total enam penampilannya yang berlangsung selama 527 menit.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More