Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Bintang Timur Surabaya di AFF Futsal Cup 2022 di Thailand. (Instagram/bintangtimur_surabaya)

Bolatimes.com - Sejumlah fakta-fakta menarik tersaji seusai klub futsal asal Indonesia, Bintang Timur Surabaya (BTS), sukses menjuarai Piala AFF Futsal Antarklub 2022.

Sebelumnya, gelar juara Piala AFF Futsal Antarklub 2022 diraih Bintang Timur Surabaya seusai menumbangkan wakil Thailand, Hongyen Thakam FC, di partai final.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Terminal 21 Korat, Thailand, Sabtu (10/9/2022) itu, Bintang Timur Surabaya sukses menang dengan skor 4-2 atas Hongyen Thakam FC.

Keberhasilan Bintang Timur Surabaya di ajang Piala AFF Futsal Antarklub 2022 ini jelas semakin memperpanjang catatan positif mereka di musim ini.

Sebab, sebelum merengkuh trofi di kawasan regional Asia Tenggara itu, BTS sudah berhasil merebut gelar pertamanya di ajang Liga Futsal Profesional 2021.

Status inilah yang sebelumnya turut mengantarkan BTS untuk menjadi wakil Indonesia di ajang Piala AFF Futsal Antarklub 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik seusai Bintang Timur Surabaya keluar sebagai juara di ajang Piala AFF Futsal Antarklub 2022.

1. BTS Raih Penghargaan Penjaga Gawang Terbaik

Penjaga gawang yang menjadi andalan Bintang Timur Surabaya di ajang Piala AFF Futsal Antarklub 2022, Muhammad Nazil Purnama, sukses menyabet gelar sebagai Kiper Terbaik di ajang ini.

Penghargaan ini memang layak diberikan kepada Muhammad Nazil Purnama setelah dia mampu menorehkan performa yang impresif sepanjang turnamen ini.

Salah satu performa impresif Nazil ialah ketika dia menjadi kunci di balik kokohnya pertahanan BTS pada laga final melawan Hongyen Thakam FC.

2. Dua Pemain Rebut Gelar Top Skor

Bintang Timur Surabaya juga menyabet gelar pencetak gol terbanyak alias top skor di Piala AFF Futsal Antarklub 2022 melalui dua pemain andalannya, yakni Samuel Eko dan Andri Kustiawan.

Pada ajang Piala AFF Futsal 2022, Samuel Eko dan Andri Kustiawan sama-sama membukukan sembilan gol untuk BTS. Jumlah ini membawa keduanya merajai puncak daftar top skor di akhir turnamen.

3. Tuntaskan Misi Balas Dendam

Selain mampu merebut gelar juara di Piala AFF Futsal Antarklub 2022, kemenangan yang diraih Bintang Timur Surabaya atas Hongyen Thakam FC turut membalaskan dendam mereka di turnamen ini.

Sebab, saat kedua tim berjumpa di fase penyisihan Grup A, Bintang Timur Surabaya sempat ditumbangkan Hongyen Thakam FC dengan skor 2-5.

Beruntung, Sunny Rizky dan kolega berhasil menuntaskan misi balas dendam sekaligus menjuarai Piala AFF Futsal Antarklub 2022 dengan menumbangkan Hongyen Thakam FC dengan skor 4-2 di partai final.

4. Amankan Gelar Pertama di Piala AFF Futsal Antarklub

Gelar juara yang diraih oleh Bintang Timur Surabaya di ajang Piala AFF Futsal Antarklub 2022 ini merupakan trofi pertama mereka sepanjang sejarah di kawasan regional.

Sebab, sejak pertama kali digelar pada 2015, belum ada satu pun klub futsal antar Indonesia yang berhasil meraih gelar juara saat mewakili negaranya di Piala AFF Futsal Antarklub.

Dengan gelar juara ini, BTS sukses mengamankan gelar juara pertamanya sekaligus yang perdana bagi klub futsal asal Indonesia. Ini membuat BTS bersanding dengan Port, Bangkok BTS, hingga Chonburi Bluewave.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More