Arif Budi Setyanto
Skuat Timnas Indonesia U-19 melakukan foto bersama saat akan bertanding melawan Filipina pada Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Binh Duong 2 di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Selasa (6/8/2019). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Bolatimes.com - Hong Kong bukan lawan yang asing bagi timnas Indonesia U-19. Apalagi Garuda Nusantara pernah menghajarnya ketika Kualifikasi Piala Asia U-19 tahun 2020 lalu.

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang mempersiapkan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ronaldo Kwateh cs sedang digembleng Shin Tae-yong demi hasil terbaik.

Pada ajang kali ini, timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan yang kekuatannya tidak asing. Ada Hong Kong, Timor Leste, dan Vietnam.

Baca Juga:
8 Bintang Eropa yang Terbuang ke Liga Turki Musim Ini, Terbaru Mauro Icardi dan Juan Mata

Nah, jika ditarik mundur pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, lawan-lawan timnas Indonesia U-19 juga hampir sama. Bedanya dulu Garuda Nusantara harus menghadapi Korea Utara, bukan Vietnam.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-19 tahun 2020 lalu, Indonesia tergabung di Grup K bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Bukan hanya itu, Indonesia juga menjadi tuan rumah dan memakai Stadion Madya sebagai venue pertandingan.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya lolos ke putaran final karena jadi pemuncak klasemen. Garuda Nusantara mengalahkan Hong Kong dan Timor Leste. Kemudian mereka berhasil menahan imbang Korea Utara.

Baca Juga:
Laga Timnas Indonesia vs Curacao Batal Digelar di JIS, PSSI Beberkan Alasannya

Timnas Indonesia U-19 sudah berlatih di Stadion Bung Tomo. (Dok. PSSI)

Salah satu kemenangan besar timnas Indonesia U-19 pada ajang itu adalah ketika menghadapi Hong Kong. Kala itu Bagus Kahfi dkk mampu menang dengan skor 4-0 pada 8 November 2018.

Saat itu, timnas Indonesia U-19 yang diasuh Fakhri Husaini menanti telak berkat gol Bagas Kaffa, Fajar, David Maulana, dan Bagus Kahfi.

Sayangnya turnamen Piala Asia U-19 malah dibatalkan oleh pihak AFC. Pasalnya kala itu terjadi pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas sepak bola dihentikan.

Baca Juga:
Rekap Hasil Liga Konferensi: Villarreal Menang Dramatis, West Ham United Pesta Gol

Nah, momen kemenangan atas Hong Kong tersebut diharapkan terulang pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 kali ini. Apalagi pelatih lawan memang lebih mengunggulkan timnas Indonesia U-19 yang punya persiapan lebih matang.

Adapun timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Hong Kong pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada Jumat (16/9/2022) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca Juga:
Rekap Hasil Liga Europa: Si Merah Manchester United dan AS Roma Kompak Kalah, Arsenal Menang Dramatis

Load More