Irwan Febri Rialdi
Striker Persib Bandung, David da Silva (kiri) memeluk Ciro Alves saat merayakan gol timnya selama pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (4/9/2022). [Persib Bandung]

Bolatimes.com - Kemenangan Persib Bandung atas RANS Nusantara FC pada pekan ke-8 Liga 2022/23 minggu lalu ternyata menghadirkan sejumlah kontroversi.

Dalam pertandingan tersebut Persib menang 2-1, di mana gol penentunya tercipta berkat penalti Ciro Alves yang diberikan wasit pada menit ke-45. Penalti itu berawal dari aksi Rachmat Irianto yang dianggap dilanggar lawan.

Dari analisis yang dilakukan Komite Wasit PSSI, wasit tengah, hakim garis, dan wasit di belakang gawang (AAR) dinilai lalai dalam menerapkan laws of the game (LOTG).

Keputusan wasit untuk memberikan hukuman penalti kepada RANS dinilai tidak tepat.  Buntutnya, tiga wasit yang memimpin laga tersebut disanksi oleh Komite Wasit PSSI. 

Ketiga wasit tersebut adalah David Son Sansube (wasit tengah), Ruslan Waly (hakim garis), dan Arif Nur Wahyudi (AAR).

Namun, sanksi yang diberikan kepada tiga wasit ini berbeda-beda satu dengan lainnya.

David dan Ruslan diberikan sanksi selama delapan pekan atau baru boleh memimpin lagi pertandingan di Liga 1 2022/23 pada pekan ke-17.

Sementara Arif yang jadi wasit d belakang gawang, dihukum selama empat atau hingga pekan ke-12. Selama diistirahatkan, Arif dan Ruslan akan diberi pembinaan.

Selain ketiga wasit itu, PSSI juga merilis nama-nama lainnya yang mendapat sanksi. Salah satunya adalah Faulur Rosy yang memimpin laga RANS Nusantara FC vs Persija Jakarta, 20 Agustus lalu.

Dalam keterangan di laman resmi PSSI, Faulur Rosy diistirahatkan selama delapan pekan. Hal ini dikarenakan ia salah memberikan keputusannya dalam pertandingan tersebut.

Selain Faulur Rosy, PSSI juga mengistirahatkan asisten wasit tambahan 1 (AAR 1), Nendi Roehandi di laga tersebut. Nendi disebut lali dalam menerapkan Law of the Games (LOTG)

"Semestinya pemain RANS dilanggar penjaga gawang Persija pada posisi di daerah AAR 1, tapi menurut pandangan AAR 1 bukan suatu pelanggaran. Sesuai LOTG seharusnya sudah masuk kategori kecurangan  penalti. Kartu Merah harusnya diberikan ke penjaga gawang Persija dan penalti diberikan untuk RANS."

Kondisi ini menambah panjang daftar wasit yang mendapat hukuman dari PSSI atau diistirahatkan, padahal Liga 1 2022/23 sendiri baru berjalan selama 8 pekan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More