Husna Rahmayunita
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) merangkul pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong selepas sesi konferensi pers di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). Iriawan menegaskan bahwa posisi Shin sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia tetap aman meski gagal membawa anak-anak asuhnya ke semifinal Piala AFF U-19 2022. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Ketuam Umum PSSI Mochamad Iriawan menerangkan dari tujuh nama, baru dua pemain asal Belanda yang bersedia dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20.

Ia menyebut PSSI telah membentuk tim yang akan dikirim ke Belanda untuk menjalin komunikasi dengan lima pemain lainnya yang belum memberikan jawaban.

"Yang dua sudah pasti mau karena kita sudah komunikasi. Sedangkan lima pemain lagi akan kita komunikasikan selanjutnya," ujar Iriawan usai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Menpora Zainudin Amalai di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/9/2022) dikutip dari laman resmi PSSI.

"PSSI sudah membentuk tim untuk segera berangkat ke Belanda guna bertemu dengan keluarga si pemain," sambungnya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong telah mengajukan tujuh pemain dinaturalisasi membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Semua pemain itu berasal dari Belanda dan memiliki darah Indonesia.

Usulan tersebut dibahas dalam rapat bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Menurut Iriawan, Presiden Jokowi mendukung rencana tersebut asal demi kepentingan Timnas Indonesia.

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Iwan Bile itu menambahkan tim U-20 ditargetkan minimal lolos ke babak kualifikasi grup.

Tetapi, bila ada penambahkan pemain naturalisasi, Shin Tae-yong sudah menjanjikan kepada PSSI bisa berbuat banyak.

"Jadi naturalisasi ini adalah keinginan pelatih. Jadi sesuai kebutuhan tim. Shin sudah tau mana pemain yang dibutuhkan dan posisinya di mana," pungkasnya.

Load More