Husna Rahmayunita
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022). (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan mengungkapkan dua orang pemain keturunan asal Belanda setuju untuk dinaturalisasi membela Timnas Indonesia U-20.

Hal itu disampaikannya usai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Menpora Zainudin Amalai di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Ia menyebut, sejatinya pelatih timnas Shin Tae-yong telah mengajukan tujuh nama untuk dinaturalisasi. Para pemain tersebut berdarah Belanda-Indonesia.

Tetapi, dari tujuh nama yang diajukan, baru dua yang menyatakan bersedia dinaturalisasi meski tak menyebut namanya.

"Yang dua sudah pasti mau karena kita sudah komunikasi. Sedangkan lima pemain lagi akan kita komunikasikan selanjutnya. PSSI sudah membentuk tim untuk segera berangkat ke Belanda guna bertemu dengan keluarga si pemain," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-20, kata Iriawan ditargetkan minimal lolos ke babak kualifikasi grup Piala Dunia U-20 2023.

Dengan adanya penambahkan pemain naturalisasi, Shin Tae-yong sudah menjanjikan kepada PSSI bisa berbuat lebh banyak banyak.

"Jadi naturalisasi ini adalah keinginan pelatih. Jadi sesuai kebutuhan tim. Shin sudah tau mana pemain yang dibutuhkan dan posisinya di mana," sambungnya.

Adapun Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Turnamen itu rencananya dihelat di enam provinsi Indonesia yakni DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Load More