Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dan sujumlah pemain yang meluapkan kekecewaannya usai laga penyisihan grup Piala AFF U-19 melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun menang dengan skor 5-1, Indonesia U-19 tetap tersingkir dari Piala AFF U-19. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Bolatimes.com - Asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto, memberikan tanggapan terkait Timnas Indonesia U-19 dikritik netizen dan dibanding-bandingkan dengan Timnas Indonesia U-16 usai gagal menang di dua laga uji coba saat pemusatan latihan.

Timnas Indonesia U-19 mengadakan TC di jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Shin Tae-yong memanggil 36 nama dan menggelar pemusatan latihan dari 25 Agustus hingga 6 September.

Dalam TC itu, Garuda Nusantara juga mengadakan dua pertandingan uji coba. Hasilnya Ronaldo Kwateh cs masih belum tampil impresif karena gagal menang.

Pertama ketika menghadapi Persis Youth, timnas Indonesia U-19 ditahan imbang dengan skor 0-0. Kemudian ketika melawan Persija Jakarta U-18, anak asuh Shin Tae-yong tumbang 2-1.

Hasil minor yang didapat timnas Indonesia U-19 lantas dikritik oleh netizen via kolom komentar unggahan Nova Arianto. Netizen membandingkan tim U-16 yang bisa mengalahkan Vietnam, sedangkan Garuda Nusantara malah tak bisa mengikuti prestasi juniornya.

Nova Arianto pun pasang badan serta menjelaskan situasi yang ada di timnas. Ia mengatakan tidak perlu membandingkan tim U-16 dengan U-19.

"Kami bisa memahaminya mas, karena memang di 2 pertandingan uji coba performa tim belum baik," jawab Nova Arianto terhadap komentar warganet.

Nova Arianto menjawab sindiran netizen yang mengkritik timnas Indonesia U-19. (Instagram/novarianto30)

"Tapi tidak perlu berpikir kenapa tim (U-16) ini bisa dan ini (U-19) tidak bisa. Karena bertambahnya usia mereka, maka levelnya berbeda. Nah, itu yang menjadi tugas kami bagaimana di level usia 16 bisa, kenapa mereka masuk di level usia di atasnya semuanya kelihatan sulit," sambungnya.

Sementara itu, kini Shin Tae-yong dikabarkan mencoret delapan pemain dari timnas Indonesia U-19. Artinya akan ada 28 pemain yang masuk skuad Garuda Nusantara untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang ini yang digelar di Stadion Bung Tomo, Surabaya pada 14-18 September 2022. Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timot Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Load More