Husna Rahmayunita
Ricardo Salampessy sat memberikan motivasi kepada para pemain Persipura Jayapura (Twitter)

Bolatimes.com - Mantan bek Timnas Indonesia yang kini membela Persipura Jayapura Ricardo Salampessy resmi memiliki lisensi pelatih AFC A. Walau masih aktif menjadi pemain, ia sudah memiliki sertifikat pelatih.

Ricardo Salampessy senang mengantongi lisensi pelatih AFC A usai mengikuti kursus yang digelar PSSI di Bali pada 13-25 Juni 2022 dan Tangerang pada 25 Juli hingga 6 Agustus 2022 lalu.

"Puji Tuhan dengan kerja keras dan usaha saya berhasil memperoleh sertifikat pelatih A AFC," kata Ricardo Salampessy dalam siaran pers, Senin (5/9/2022).

Dengan mengantongi sertifikat pelatih AFC Apemain yang mengawali karir di Persiwa Wamena telah memenuhi syarat menjadi asisten pelatih pada Liga 1 serta menjadi pelatih kepala pada Liga 2 Indonesia.

"Pasti saya merasa senang sekali bisa memperoleh sertifikat dan ini menjadi modal saat saya pensiun nanti," ujarnya.

Ricardo saat ini memang masih berstatus sebagai pemain Persipura Jayapura untuk kompetisi Liga 2 musim 2022-2023.

Dia masih dipercaya pelatih Ricky Nelson untuk mengawal lini belakang klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut bersama Brian Fatari, Wulf Horota, Syaiful Indra dan Yustinus Pae.

Sementara itu, Manajer Persipura Yan Permenas Mendenas mengaku bahwa keberhasilan Ricardo Salampessy dalam meraih sertifikat pelatih A AFC akan memberikan dampak positif bagi klub Mutiara Hitam.

Menurut Mandenas, Ricardo bisa diberdayakan menjadi asisten pelatih ketika dibutuhkan oleh manajemen tim Persipura.

"Dia (Ricardo) adalah pemain Persipura tentu dia sangat mengetahui tim ini secara mendalam suatu saat dia akan dibutuhkan Persipura," Katanya.

Dia berharap kepada seluruh mantan pemain atau pemain Persipura yang memiliki bakat pelatih bisa mengikuti jejak dari pemain berdarah Maluku tersebut.

"Sehingga ke depan kami tidak sulit mencari pelatih yang memiliki sertifikat A AFC atau yang lebih tinggi lagi," ujarnya.

(Antara)

Load More