Rauhanda Riyantama
Wallace Costa usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman, Rabu (17/3/2022). (Instagram/@liga1match)

Bolatimes.com - Kisah miris dialami mantan kapten sekaligus bek asing PSIS Semarang, Wallace Costa. Pasca dilepas, dirinya kini menjaga kondisi dengan main tarkam.

Momen ini diketahui dalam video yang diunggah oleh akun Twitter/@sukukelabang. Terlihat pemain asal Brasil itu tengah protes terhadap wasit.

Ia menghampiri hakim garis dan protes diduga lantaran tak terima dengan keputusan wasit saat pertandingan masih berlangsung. Cekcok pun tak terhindarkan. Namun tidak ada insiden baku hantam yang terlihat dalam video tersebut.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Ada Napoli vs Liverpool hingga Big Match Inter Milan vs Bayern Munich

Lantas, siapa sebetulnya Wallace Costa? Berikut profilnya.

Profil Wallace Costa

Sosok dengan nama lengkap Wallace Costa Alves ini lahir di Rio de Janeiro, Brasil, pada 13 Agustus 1986. Sebagaimana bocah asal Brasil lainnya, Wallace juga menggemari sepak bola sejak kecil.

Baca Juga:
Suporter Persis Solo Sepakat Tak Datang ke Stadion Maguwoharjo saat Dijamu PSS Sleman

Karier sepak bolanya dimulai dengan bergabung di CFZ do Rio, klub milik legenda sepak bola Brasil, Zico, ketika usia Wallace masih 13 tahun.

Selama berada di CFZ, Wallace Costa sempat dipinjamkan ke berbagai klub di Brasil. Mulai dari Macae, Friburguense, hingga Gremio.

Wallace Costa menyebut dia tak sempat merasakan bermain di klub besar Brasil karena tidak memiliki agen. Hingga akhirnya kesempatan untuk melebarkan sayap itu datang di usianya yang ke-23 tahun.

Baca Juga:
Chelsea Tumbang Lawan Dinamo Zagreb, Thomas Tuchel Berkilah Begini

Pada 2010, mantan pelatihnya di Brasil menawarinya untuk bermain di Liga Kuwait bersama Al Arabi. Selama berseragam Al Arabi, Costa memainkan 16 pertandingan dengan koleksi 2 gol.

Hanya satu musim di sana, Wallace kemudian pindah ke Al Yarmouk pada 2011. Di sana dia menghabiskan 7 musim lamanya.

Setelah 8 tahun di Kuwait, Wallace Costa mendapat tawaran untuk bermain di Indonesia. Adalah Persela Lamongan yang menjadi klub pertamanya di Tanah Air.

Baca Juga:
Jadi Pelatih Anyar Arema FC, Javier Roca Janji Pakai Gaya Malangan

Pada Liga 1 2018, Wallace Costa total memainkan 30 pertandingan dengan koleksi 4 gol. Dia kemudian pindah ke PSIS Semarang pada 2019.

Dari gelaran Liga 1 2019 hingga Liga 2021/22 akan berakhir, Wallace tercatat sudah memainkan 65 pertandingan di semua kompetisi buat PSIS Semarang. Ia juga sudah mencetak 13 gol.

Load More