Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. [Foto: instagram @novarianto30]

Bolatimes.com - Asisten Pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto, curhat di media sosial. Ia menilai beberapa Timnas Indonesia U-19 mulai tinggi hati dan mengalami penurunan performa.

Hal itu disampaikan Nova melalui sosial media Instagram miliknya @novaarianto30, Selasa (6/9/2022). Meski begitu, ia tidak menyebut secara spesifik siapa pemain-pemain yang dimaksud.

Nova Arianto saat mendampingi Shin Tae-yong di timnas Indonesia. (Instagram/novarianto30)

"Coaching staff fokus menyoroti beberapa pemain yang mulai tinggi hati dan mengalami penurunan performa selepas Piala AFF U-19 kemarin," kata Nova dilansir dari Instagram miliknya.

Dalam unggahannya, Nova menjelaskan training camp (TC) yang dijalani Timnas Indonesia U-19 di Jakarta sejak 25 Agustus lalu telah berakhir, Selasa (6/9/2022). Selanjutnya, pemusatan latihan akan dilanjutkan di Surabaya.

Timnas Indonesia U-19 sedang disiapkan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang memang berlangsung di Surabaya pada 14-18 September mendatang. Dalam kejuaraan itu, Indonesia berada di Grup F bersama Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Nova meminta semua pemain di Timnas Indonesia U-19 untuk fokus. Menurutnya, bermain di tim nasional harus lebih dari klub karena ada sebuah kebanggaan bukan hanya mencari uang.

"Pemain harus lebih fokus karena bermain untuk tim nasional akan berbeda seperti di klub karena mereka tak akan bermain untuk uang. Tapi, untuk sebuah kebanggaan negara, jadi pemain harus bekerja lebih keras dan memberikan kemampuannya lebih dari 100 persen," sambung Nova.

"Berlatihlah seperti saat kalian belum menjadi pemain profesional dan pemain tim nasional. Karena disaat pemain merasa puas disitu awal kehancuran kalian," jelasnya.

Di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada 14 September, kemudian Hong Kong dua hari kemudian dan Vietnam pada 18 September.

Total 44 negara mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dibagi ke dalam 10 grup. Semua juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 bersama tuan rumah Uzbekistan.

Load More