Husna Rahmayunita
Pelatih baru Arema FC, Eduardo Almeida. (Instagram/eduardo_almeida_coach)

Bolatimes.com - Sosok Eduardo Almeida tengah jadi perbincangan setelah diistirahatkan oleh Arema FC dari jabatan pelatih kepala di tengah turnamen Liga 1 2022/2023.

Manajemen Arema FC mengambil keputusan tersebut setelah melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kinerja juru taktik asal Portugal itu.

"Keputusan ini resmi ditegaskan setelah semua jajaran pimpinan dan manajemen Arema FC bulat mengevaluasi kinerja pelatih kepala," tegas Manajer Arema FC Ali Rifky dikutip dari laman resmi klub Arema, Senin (5/9/2022).

Tak diketahui maksud Arema FC mengistirahatkan Eduardo Almeida apakah tanda pemecatan atau tidak. Yang jelas, tim Singo Edan telah menunjuk Kuncoro sebagai caretaker pengganti Almeida.

Keputusan ini diambil tak lama setelah Arema FC ditahan imbang Barito Putera dengan skor 1-1 pada pekan kedelapan Liga 1 2022/2023, Minggu malam.

Profil Eduardo Almeida

Eduardo Almeida bernama lengkap Eduardo Filipe Arroja Almeida. Eduardo Almeida lahir 22 Maret 1978. Dia adalah mantan pesepak bola asal Portugal.

Eduardo Almeida bukan pelatih sembarangan. Dia mempunyai lisensi UEFA Pro, kualifikasi pelatih tertinggi di sepak bola.

Eduardo Almeida mendapat lisensi UEFA Pro pada 2011 dari Federasi Sepak Bola Portugal. Ia juga mempunyai gelar di bidang Olahraga dan Pendidikan Fisik dari Universidade Lusófona.

Pada 2015, juru taktik Portugal itu dipercaya untuk menukangi klub Laos, Lanexang United FC. Tetapi, ia belum banyak mempersembahkan gelar juara untuk klub tersebut.

Pada September 2019, Eduardo Almeida kemudoa bergabung dengan Semen Padang. Namun Eduardo Almeida harus mengakhiri musim 2019 dengan terdegradasi ke Liga 2.

Sejak 2021m Eduardo Almeida didapuk untuk menukangi Arema FC. Selama itu, Arema mencatatkan rekor 23 pertandingan tak terkalahkan pada musim 2021–2022. Arema FC pun berada di peringkat keempat.

Arema FC pun memperpanjang kontrak Eduardo Almeida. Namun hari ini Eduardo Almeida dipecat dari Arema setelah klub mendapat tekanan dari pendukung di media sosial.

Hingga pekan kedelapan Liga 1 2022/2023, Eduardo Almeida hanya mampu mengantarkan Arema FC bertengger di urutan ke-8 dengan koleksi 11 poin.

(Suara.com/Pebriansyah Ariefana)

Load More