Irwan Febri Rialdi
Marko Simic gabung klub Liga Serbia FK Radnicki Kragujevac. (Instagram/@markosimic_77)

Bolatimes.com - Setelah kontraknya bersama Persija Jakarta berakhir, Marko Simic akhirnya resmi bergabung dengan klub kasta tertinggi Liga Serbia, FK Radnicki Kragujevac.

Kepastian bergabungnya Marko Simic menuju FK Radnicki Kragujevac itu juga telah diumumkan pemain yang bersangkutan lewat sebuah postingan di akun Instagramnya, Sabtu (3/9/2022).

Dalam postingan tersebut, Marko Simic memamerkan sejumlah potret dirinya memegang jersey FK Radnicki Kragujevac. "Tim baru @FK Radnicki," tulisnya sebagai narasi.

Baca Juga:
Reaksi Kocak Ganjar Pranowo usai Manchester United Pecundangi Arsenal

Senada dengan hal itu, pihak klub juga mengunggah video Marko Simic sebagai rekrutan anyar.

Kabar Marko Simic gabung klub kasta tertinggi Liga Serbia tersebut sontak menjadi perhatian. Rekan sesama pesepak bola turut memberikan dukungan kepada pemain asal Kroasia tersebut.

Seperti yang telah diketahui, Marko Simic sebelumnya memutuskan hengkang dari Persija Jakarta pada April 2022 lalu dan sempat diwarnai dengan drama.

Baca Juga:
Breaking News! Arema FC Resmi Istirahatkan Eduardo Almeida

Pada Selasa (26/4), Marko Simic melalui akun Instagram pribadinya @markosimic_77 menyatakan bahwa dirinya memutuskan untuk mengakhiri kontrak secara sepihak dengan Persija lantaran pihak klub menunggak gajinya selama satu tahun.

Setelah konflik itu, Marko Simic sempat dikabarkan berlatih bersama klub asal negara asalnya, NK Istra 1961. Namun, rumor bergabungnya Simic menuju klub tersebut kandas seiring pengumuman yang disampaikan FK Radnicki Kragujevac soal perekrutan pemain asal Kroasia ini.

Profil FK Radnicki Kragujevac

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Pekan Ini: Ada PSG vs Juventus, Napoli vs Liverpool, Inter Milan vs Bayern Munich

Fudbalski Klub Radnicki 1923 atau yang lebih umum dikenal sebagai Radnicki Kragujevac, merupakan klub sepak bola profesional asal Serbia yang berbasis di kota Kragujevac.

Radnicki sendiri memiliki arti ‘para buruh’ di Serbia. Nama ini muncul karena memiliki relasi historis dengan pergerakan buruh di Serbia pada periode awal abad ke-20.

Pada awalnya, klub ini dibentuk pada 1923 di tengah kota Kragujevac dengan mengambil nama Mladi Radnik atau dalam bahasa Indonesia berarti buruh muda.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Tampil Ciamik dalam Kemenangan Besar Ansan Greeners, Sumbang 1 Assist Cantik

Enam tahun berselang, atau tepatnya pada 1929, Mladi Radnik mengubah namanya menjadi Radnicki. Akar historisnya memang tak bisa dilepaskan dari pergerakan kaum buruh di negara ini.

FK Radnicki Kragujevac awalnya menggunakan Stadion Cika Daca sebagai markasnya. Nama stadion ini dipilih untuk mengenang Danilo Stojanovic yang dianggap sebagai pelopor sepak bola di Serbia.

Sejak pertama dilahirkan, klub ini sudah mendapatkan sejumlah prestasi. Ketika Serbia masih menjadi bagian dari Yogoslavia, FK Radnicki sempat dua kali meraih gelar juara Divisi Kedua Yugoslavia, yakni pada edisi 1968/1969 dan 1973/1974.

Tahun 2010 menjadi salah satu penanda penting dalam perjalanan RK Radnicki Kragujevac. Sebab, sejak meraih tiket promosi ke kasta tertinggi pada tahun itu, mereka nyaris selalu tampil di top level, yakni Serbian SuperLiga.

Bahkan, pada musim berikutnya, mereka menyabet prestasi sebagai runner-up Serbian First League 2010/2011. Sepuluh tahun berselang, atau tepatnya pada musim 2022/2021, mereka sukses meraih gelar juara Serbian First League.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More