Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, blak-blakan mengungkapkan 'penyakit' para pesepak bola Tanah Air, yakni malas sekali lari tanpa bola.

Shin Tae-yong mengaku prihatin dengan kenyataan tersebut dan bertekad untuk mengubah hal itu di Timnas Indonesia.

Ia mau anak asuhannya banyak bergerak, berlari, dan berpikir dalam sebuah pertandingan meski tidak sedang 'memegang' bola.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

"Pertama lihat situasi, kita harus baca keseluruhan pertandingan seperti apa. Kalian bisa main lebih baik lagi ke depannya," kata Shin Tae-yong dilansir dari Instagram PSSI, Sabtu (3/9/2022).

"Kalau lihat pemain Indonesia, mereka lihat bola dulu baru mau berlari, setelah itu kedua dan ketiga tidak ada lagi,” sambung pelatih berusia 52 tahun itu.

Shin Tae-yong mengatakan setiap sudut lapangan bisa dimanfaatkan oleh pemain. Oleh karena itu pergerakan terus menerus penting dilakukan.

"Pokoknya kalau ada bola, bagian mana yang bisa dieksploitasi, itu saja yang dipikirkan tapi selanjutnya tidak dipikirkan lagi," terang Shin Tae-yong.

"Makanya saya minta kalian terus berpikir dan ambil keputusan dengan baik dalam pertandingan," pungkas eks juru taktik Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Shin Tae-yong saat ini sedang mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang akan digelar pada 14-18 September mendatang.

Skuad berjuluk Garuda Nusantara tergabung di Grup F bersama Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste. Seluruh laga Grup F akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Load More