Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia yang bermain di FC Twente, Mees Hilgers. (Instagram/meeshilgerss)

Bolatimes.com - Dua nama pesepak bola yang memiliki darah keturunan Indonesia secara mengejutkan mendapat panggilan dari Timnas Belanda. Mereka adalah Mess Hilgers dan Pascal Struijk.

Namun, panggilan dari timnas Belanda untuk dua nama pemain keturunan Indonesia ini berasal dari kelompok usia yang berbeda.

Pascal Struijk, misalnya, mendapat panggilan dari timnas Belanda di kelompok usia senior, sedangkan Mees Hilgers dipanggil ke Timnas Belanda U-21, alias Jong Oranje.

Dengan demikian, dua nama pemain ini akan menjalani agenda yang berbeda. Untuk Timnas Belanda senior, pelatih Louis van Gaal akan mempersiapkan anak asuhnya menghadapi lanjutan UEFA Nations League.

Menurut jadwal, Oranje akan melanjutkan perjuangannya di UEFA Nations League A 2022-2023 Grup 3 dengan berjumpa Polandia dan Belgia pada 23 dan 26 September 2022.

Untuk menyambut gelaran ini, Louis van Gaal melalui Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) juga telah memanggil 32 nama pemain untuk menjalani persiapan.

Dari 32 nama tersebut, salah satu pemain yang muncul ialah Pascal Struijk. Ini menjadi kali pertama bagi pemain berusia 23 tahun ini tampil bersama timnas senior.

“Brian Brobbey, Kenneth Taylor, Andries Noppert, Pascal Struijk, dan Joey Veerman, adalah bagian dari seleksi awal timnas Belanda untuk pertama kalinya,” tulis KNVB.

Sebelumnya, Struijk yang tercatat lahir di Belgia dan memiliki keturunan Indonesia dari kakek-nenek keluarga sang ayah ini sudah pernah tampil bersama timnas Belanda U-17.

Ketika itu, pemain yang kini berkarier bersama Leeds United di Liga Inggris itu bermain untuk menghadapi Piala Eropa alias Euro U-17 2016.

Sementara itu, Mees Hilgers yang baru berusia 21 tahun akan memperkuat timnas Belanda junior yang akan menghadapi sejumlah laga uji coba.

Pemain yang kini memperkuat FC Twente itu berkesempatan untuk tampil bersama timnas Belanda saat beruji coba melawan Belgia dan Rumania pada 23 dan 27 September 2022.

Kabar pemanggilan Mees Hilgers ini juga telah diumumkan lewat akun Instagram resmi timnas Belanda pada Jumat (2/9/2022).

"Provisional squad Jong Oranje! Baru: @xavisimons, @meeshilgerss & @bjornmeijer," tulis akun @onsoranje tersebut.

Sebagai informasi, Mees Hilgers merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang sempat ditawari untuk menjadi WNI demi memperkuat timnas Indonesia.

Akan tetapi, rencana itu akhirnya batal dilaksanakan karena alasan keluarga Mees Hilgers. Untuk diketahui, Mees Hilgers memiliki darah keturunan Manado dari Ibunya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More