Irwan Febri Rialdi
Sofie Imam saat menjadi pelatih fisik Timnas Indonesia U-19. (Instagram/@sofieimamfaizal)

Bolatimes.com - Mantan pelatih fisik Timnas Indonesia U-19, Sofie Imam Faizal, bakal meng-upgrade lisensi. Ini akan membuat dirinya menjadi pelatih fisik Indonesia dengan lisensi tertinggi.

Sofie Imam terpilih untuk mengikuti 'AFC Fitness 2A Coaching' atau  AFC Fitness Level 2A di Malaysia yang akan digelar selama tujuh hari, yakni pada 4-11 September 2022.

Kursus level 2A sendiri kursus tingkatan paling akhir atau tertinggi di lisensi spesialisasi sesuai regulasi AFC. Level 2 terbagi dua, yaitu AFC Fitness Level 2A dan 2B.

Hingga saat ini, belum ada pelatih fisik di Indonesia yang memiliki level tersebut. Ini berarti akan membuat pelatih fisik yang tengah fokus bersama Akademi Persis Solo tersebut menjadi yang pertama.

Sofie Imam mengaku bersyukur bisa mengikuti AFC Fitness Level 2A. Namun, ia ogah sesumbar dengan menyebut dirinya pelatih fisik terbaik di Indonesia setelah mendapatkan lisensi tersebut.

"Ini pasti (lisensi pelatih fisik tertinggi)," kata Sofie Imam kepada Bolatimes.com.

"Tapi kalau dibicarakan tertinggi tidak juga karena pelatih bukan dilihat dari selembar kertas hasil ikut kursus, tetapi bagaimana kita bisa mengikuti tren sepakbola masa kini," lanjutnya.

"Karena sepak bola selalu berkembang dan keilmuan tentang fisik tidak hanya dicari dari kursus, tetapi bagaimana kita selalu belajar mengikuti perkembangan sepak bola," tuturnya menambahkan.

Di sisi lain, Sofie Imam turut mengucapkan terima kasih kepada manajemen Persis Solo yang memberikan dukungan. Tak hanya izin, biaya lisensi dan tiket ditanggung oleh klub.

"Alhamdulillah dapat izin. Bahkan dibiayai sama Persis plus tiket pulang-pergi ke Malaysia. Saya ucapkan terima kasih untuk manajemen," tutup pelatih yang sedang menempuh pendidikan magister di UNS tersebut.

Sofie Imam merupakan pelatih fisik yang sudah menangani beberapa klub di Tanah Air. Namanya naik setelah menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini.

Ia juga sempat menjadi pelatih fisik di klub Malaysia, Sabah FC, sebelum kembali ke Tanah Air untuk bergabung dengan klub promosi Persis Solo.

Load More