Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Rayhan Utina, anak dari legenda Timnas Indonesia, Firman Utina. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Anak legenda Timnas Indonesia Firman Utina yakni Rayhan Utina termotivasi untuk lepas dari nama besar sang ayah. Keinginannya tersebut disampaikan usai dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia  U-19.

Sosok Rayhan Utina mencuri perhatian setelah menjadi satu dari 25 pemain yang dipanggi Shin Tae-yong ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia u-20 2023.

Ayahnya adalah salah satu gelandang lokal paling berbakat di masanya. Firman Utina yang merupakan langganan timnas Indonesia sudah malang melintang memperkuat tim-tim top Tanah Air. Persija Jakarta, Persib Bandung hingga Arema FC pernah memakai jasanya.

Kini, legasi Firman Utina diteruskan oleh Rayhan yang saat ini membela Persija Jakarta.

Rayhan menyadari nama besar ayahnya bakal menjadi dua sisi koin dalam perjuangannya meraih kesuksesan di dunia sepak bola. Dia bisa terbeban atau justru kian termotivasi.

"Ya sudah menjadi risiko punya ayah yang pemain bola juga. Tapi saya mau kerja keras dengan nama saya sendiri, Insya Allah saya bisa," kata Rayhan kepada awak media beberapa waktu lalu.

"Cita-cita saya juga ingin menjadi lebih dari ayah, ya," jelas pemain yang kini berada di skuad Persija Jakarta U-18.

Meski begitu, ia tak lepas begitu saja dari ayahnya. Rayhan meminta saran dari Firman yang ketika aktif sebagai pemain juga kerap berseragam timnas Indonesia di berbagai ajang bergengsi.

"Dari ayah [memberi pesan untuk] tetap semangat, jalanin aja prosesnya, harus kerja keras," ungkap Rayhan.

"Untuk keluarga, mereka dukung terus saya menjadi pesepak bola profesional sejak saya masih kecil," pungkasnya.

Timnas Indonesia U-19 tengah menjalani persiapan jelang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tim Merah Putih berada di Grup F Bersama Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar pada 14-18 September mendatang. Semua pertandingan Grup F akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada 14 September, kemudian Hong Kong dua hari kemudian dan Vietnam pada 18 September. Total 44 negara mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dibagi ke dalam 10 grup.

Semua juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 bersama tuan rumah Uzbekistan.

Load More