Irwan Febri Rialdi
Aksi Sandy Walsh saat KV Mechelen melawan Wolfsburg di laga uji coba. (Instagram/sandywalsh)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpotensi diperkuat cukup banyak pemain naturalisasi di Piala AFF 2022 mendatang. Rencananya ajang ini berlangsung pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.

Timnas Indonesia sendiri akan tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang antara Timor Leste atau Brunei Darussalam di babak kualifikasi.

Piala AFF 2022 memakai format yang berbeda dibanding edisi 2020 lalu. Pada fase grup, setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan tandang. Format ini pernah dipakai pada edisi 2018 yang lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga telah meracik taktik terbaik untuk mentas di Piala AFF 2022 mendatang. Selain lebih selektif soal pemain, Shin Tae-yong juga mengatakan akan membawa pemain naturalisasi di Piala AFF 2022 mendatang.

Meski begitu, Shin Tae-yong belum mengumumkan pemain keturunan mana saja yang akan dipanggil. Berikut prediksinya!

1. Marc Klok

Unggahan Marc Klok usai Timnas Indonesia ditahan imbang Bangladesh. (Instagram/@marcklok)

Penggawa Persib Bandung ini sudah menjadi andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Kontribusinya untuk skuad Merah Putih pun sudah teruji.

Pengalaman dan kemampuan Marc Klok bisa menjadi tambahan kekuatan buat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mendatang.

2. Stefano Lilipaly

Pesepak bola Timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) melewati hadangan pesepak bola Timnas Kuwait Fahed Alansari (kanan) dalam laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). ANTARA FOTO/Humas PSSI

Sempat menghilang dari radar pemanggilan timnas, Lilipaly kembali mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong dalam beberapa waktu lalu.

Kesempatan itu dimaksimalkan Lilipaly dengan tampil apik. Besar kemungkinan penggawa Borneo FC ini bisa kembali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

3. Jordi Amat

Jordi Amat saat menjalani debut bersama tim Malaysia, Johor Darul Ta'zim dalam lanjutan Liga Champions Asia kontra Urawa Reds Diamonds (Jepang). [Facebook/@johorsoutherntigers.com.my]

Salah satu pemain naturalisasi yang ditunggu-tunggu penampilannya ini besar kemungkinan akan segera merampungkan proses naturalisasinya.

Jika tidak ada halangan, Jordi Amat sudah bisa membela Timnas Indonesia di laga melawan Curacao dan nantinya bisa dipanggil untuk Piala AFF 2022.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh. (Instagram/@sandywalsh)

Sama seperti Jordi Amat, proses naturalisasi Sandy Walsh juga sudah semakin dekat untuk dirampungkan. Dia juga berpotensi turun saat Timnas Indonesia melawan Curacao.

1. Shayne Pattynama

Aksi Shayne Pattynama bersama klubnya Viking FK. (Instagram)

Satu lagi nama pemain keturunan yang proses naturalisasinya sedang diurus adalah Shayne Pattynama. Meski prosesnya belum semulus Sandy Walsh dan Jordi Amat, dia diharapkan bisa segera menjadi WNI.

Pattynama juga berpotensi bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 karena Liga Norwegia 2022 akan rampung pada November 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More