Irwan Febri Rialdi
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Timnas Indonesia diyakini mampu melaju dengan mulus untuk lolos ke semifinal pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Untuk bisa melaju ke fase semifinal Piala AFF 202, timnas Indonesia akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan salah satu di antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Menghadapi empat kontestan tersebut, timnas Indonesia diprediksi tak akan menghadapi kesulitan berarti untuk merebut tiket lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022.

Dengan catatan, entah itu lolos sebagai juara Grup A atau dengan status runner-up. Secara hitung-hitungan di atas kertas, tiket lolos ke semifinal tak akan sulit dicapai.

Setidaknya, ada beberapa alasan yang mendasari hitung-hitungan bahwa tim asuhan Shin Tae-yong tak akan menghadapi kesulitan berarti untuk menyegel satu spot di semifinal Piala AFF 2022

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat timnas Indonesia tak akan kesulitan lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022.

1. Peta Persaingan Grup A

Jika merujuk pada peta persaingan Grup A Piala AFF 2022, tentu saja satu-satunya lawan berat yang akan dihadapi timnas Indonesia ialah Thailand.

Di atas kertas, Thailand memang menjadi salah satu lawan yang bakal menyulitkan skuad Merah Putih. Sedangkan tim-tim lain seperti Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam/Timor Leste, relatif lebih mudah untuk ditaklukkan.

Dengan demikian, timnas Indonesia hanya tanggal bersaing dengan Thailand saja untuk memperebutkan status sebagai juara klasemen akhir Grup A PIala AFF 2022.

2. Pemain yang Berkarier di Luar Negeri

Timnas Indonesia tentu saja bakal menggantungkan harapannya kepada para pemain yang saat ini tengah berkarier di luar negeri. Bahkan, ada sejumlah nama pemain yang terus mengalami peningkatan performa.

Beberapa nama yang dimaksud ialah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott. Keempat nama pemain ini semakin mendapatkan tempat di klubnya masing-masing.

Para pemain ini tentu saja akan menjadi tulang punggung timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pengalamannya berkarier di luar negeri diharapkan mampu memberikan suntikan kekuatan untuk skuad Garuda.

3. Tambahan Kekuatan dari Pemain Naturalisasi

Alasan selanjutnya yang membuat timnas Indonesia bisa dengan mudah lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022 dengan mudah ialah hadirnya para pemain naturalisasi.

Timnas Indonesia berpeluang besar untuk mendapatkan dua tenaga tambahan dari Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sebab, proses naturalisasi keduanya sudah berjalan dengan baik.

Yang terbaru, Komisi III DPR RI telah menerima permohonan kewarganegaraan yang diajukan untuk dua pemain keturunan Indonesia ini.

Menurut perkiraan, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah diharapkan bisa selesai pada September, sehingga keduanya bisa didaftarkan ke FIFA untuk tampil bersama skuad Garuda.

Dengan hadirnya Jordi Amat dan Sandy Walsh, maka kekuatan timnas Indonesia di fase penyisihan Grup A Piala AFF 2022 bisa semakin meningkat karena kualitas yang dimiliki dua pemain ini.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More